Evaluasi Teknis Dan Ekonomi Peledakan Geometri Fragmentasi Batu Andesit dan Biaya Ledakan PT. Atika Tunggal Mandiri, Nagari Manggilang, Kecamatan Pangkalan Koto Baru, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat.

Febriyanti, Ade Muthia (2023) Evaluasi Teknis Dan Ekonomi Peledakan Geometri Fragmentasi Batu Andesit dan Biaya Ledakan PT. Atika Tunggal Mandiri, Nagari Manggilang, Kecamatan Pangkalan Koto Baru, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_11_ADE_MUTHIA_FEBRIYANTI_16137038_3810_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dari hasil observasi di PT. Atika Tunggal Mandiri melihat banyak fragmentasi akibat peledakan yang menghasilkan bongkahan batu. Hasil peledakan berdasarkan standar perusahaan adalah 80% dengan ukuran 50 cm. Sehingga proporsi batu yang dapat ditoleransi oleh perusahaan hanya ± 20%. Sedangkan dari hasil observasi diketahui bahwa dari kegiatan peledakan di lapangan diperoleh 45,28% boulder. Sehingga hasil peledakan di lapangan masih menghasilkan bongkahan batu yang melebihi jumlah yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan hasil perbandingan fragmentasi aktual dan R.L Ash, serta peledakan biaya aktual dan saran. Metode penelitian adalah perhitungan R.L. Ash dan hasil uji peledakan di lapangan dengan 40 lubang percobaan menggunakan metode software splitdesktop. Pengujian yang dilakukan di lapangan dengan perhitungan teori lubang ledakan R.L. Ash 40 memperoleh proporsi fragmentasi ukuran > 50 cm sebesar 2,34% yang tertahan (boulder) dan lolos sebesar 97,66%. Hasilnya dapat digunakan sebagai acuan bagi perusahaan untuk mempertimbangkan evaluasi dan analisis geometri ledakan. Hasil analisis biaya aqueous blasting Rp. 7.852,49/ton, maka biaya geometri peledakan yang dikemukakan oleh teori R.L. Ash adalah sebesar Rp. 9.474,79/ton, dan biaya geometri peledakan Usul C.J. Konya adalah Rp. 9.890,17/ton. Penulis lebih memilih geometri peledakan yang diusulkan menurut Geometri R.L. Ash untuk diuji di lapangan karena nilai Powder Factor lebih kecil dan lebih baik karena nilai Powder Factor lebih kecil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZakri, Rizto SaliaUNSPECIFIED
CorrectorYulhendra, DediUNSPECIFIED
CorrectorBurhamidar, Aulia HidayatUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: GEOMETRI PELEDAKAN,PERTAMBANGAN, BATU ANDESIT
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 28 Aug 2023 08:37
Last Modified: 28 Aug 2023 08:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46102

Actions (login required)

View Item View Item