Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz dalam Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Dasar Negeri 09 Air Tawar Barat Padang

Rahmad, Aldi (2023) Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz dalam Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Dasar Negeri 09 Air Tawar Barat Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_07_ALDI_RAHMAD_19329076_3824_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Departemen Ilmu Agama Islam, Fakultas Ilmu Sosal, Universitas Negeri Padang. Perkembangan teknologi dalam bidang pendidikan telah memberikan perubahan yang signifikan dalam pelaksanaan pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran yang inovatif, seperti komputer, smartphone, game edukasi, proyektor, dan teknologi internet, telah meningkatkan efektivitas pembelajaran dan menciptakan suasana belajar yang lebih menarik dan interaktif. Media pembelajaran, termasuk game seperti Quizizz, dapat memfasilitasi interaksi aktif antara pendidik dan peserta didik, meningkatkan kefokusan, perkembangan kognitif, keaktifan, dan motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tingkat efektivitas penggunaan media pembelajaran Quizizz dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 09 Air Tawar Barat Padang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis data deskriptif dan pendekatan eksperimen. Jenis eksperimen yang digunakan adalah Pre-Experimental Design One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV sebanyak 27 orang peserta didik, dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan uji wilcoxon dan uji N-Gain. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan instrumen penelitian berupa Pretest dan Postest serta diabadikan dalam bentuk dokumentasi. Penggunaan media pembelajaran Quizizz pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SDN 09 Air Tawar Barat Padang memberikan hasil yang positif, yaitu peningkatan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah dilakukanya perlakuan/treatment. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat efektifitas penggunaan media pembelajaran Quizizz pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SDN 09 Air Tawar Barat dikategorikan cukup efektif. Berdasarkan Uji Ngain diperoleh hasil analisis nilai N-gain Persen adalah 58.4921 %. Hasil belajar peserta didik berdasarkan hasil analisis deskriptif menunjukan sebelum dilakukan perlakuan dengan skor yang diperoleh pada Pretest terendah adalah 0 dan tertinggi adalah 100 dan rata-rata awal adalah 62.22 dan Std. Deviation Pretest diperoleh nilai sebesar 31.050. Setelah dilakukan treatment diketahui bahwa pada hasil Postetest nilai terendah dalah 0 dan nilai tertinggi adalah 100 dengan rata-rata 84.44 iii dan juga dapat dilihat bahwa Std. Deviation Postttest diperoleh nilai sebesar 22.418. Dapat dilihat bahwa ada pengaruh yang signifikan dalahm penggunaan media pembelajaran Quizizz dan dapat dikatakan efektif dalam meningkatkan hasil Mean atau rata-rata hasil belajar Pretest 62.22 < Posttest 84.44, dibuktikan dengan analisis data secara deskriptif. Dangan dasar uji wilcoxon yang menujukan hasil Asymp. Sig. (2-tailed) adalah 0.001, yang artinya nilainya kebih kecil dari 0.05 atau dapat disimbokan dengan Asymp. Sig. (2-tailed) 0.001 < 0,05 maka Ho dinyatakan diterima dan Ha ditolak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAlfurqan, AlfurqanUNSPECIFIED
CorrectorSulaiman, SulaimanUNSPECIFIED
CorrectorSatria, RenggaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MEDIA PEMBELAJARAN, PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 28 Aug 2023 07:38
Last Modified: 28 Aug 2023 07:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46081

Actions (login required)

View Item View Item