Penanaman Nilai-Nilai Moderasi Beragama melalui Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Peserta Didik Kelas IX di SMP Negeri 22 Padang

Hidayat, Ajat (2023) Penanaman Nilai-Nilai Moderasi Beragama melalui Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Peserta Didik Kelas IX di SMP Negeri 22 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_07_AJAT_HIDAYAT_18329097_3285_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti, menganalisis apa saja metode penanaman nilai-nilai moderasi beragama melalui pendidikan agama Islam dan budi pekerti, kemudian menganalisis faktor penghambat dan pendukung dalam penanaman nilai-nilai moderasi beragama melalui pendidikan agama Islam dan budi pekerti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pendekatan deskriptif kualitatif dapat menggambarkan secara rinci tentang penanaman nilai-nilai moderasi beragama dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti. Sumber data dalam penelitian ini adalah satu orang kepala sekolah, satu orang wakil kurikulum, dua orang guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas IX dan sepuluh peserta didik kelas IX di SMP Negeri 22 Padang. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penanaman nilai-nilai moderasi beragama melalui mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti tidak secara resmi tertulis dalam kurikulum, namun nilai-nilai moderasi beragama tetap ditanamkan kepada peserta didik saat pembelajaran berlangsung. Nilai tersebut diantaranya i`tidal, tasamuh, syura, dan qudwah. Metode yang digunakan dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama ada empat metode yakni keteladanan, pembiasaan, nasihat, dan cerita. Selanjutnya faktor penghambat dalam penanaman nilai-nilai moderasi beragama melalui mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti pada peserta didik kelas IX ada tiga yakni pembelajaran online, pengaruh media sosial, dan kurangnya komunikasi antara guru dengan wali murid. Faktor pendukung dalam penanaman nilai-nilai moderasi beragama melalui mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti pada peserta didik kelas IX ada dua yakni guru pendidikan agama Islam telah memahami tentang konsep moderasi beragama dan materi pelajaran yang mendukung moderasi beragama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahman, RiniUNSPECIFIED
CorrectorRivauzi, AhmadUNSPECIFIED
CorrectorSatria, RenggaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 28 Aug 2023 03:46
Last Modified: 28 Aug 2023 03:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46078

Actions (login required)

View Item View Item