Implementasi Model Kooperatif Tipe (STAD) dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas V SD Negeri 18 Air Tawar Selatan

Maulana, Agung (2023) Implementasi Model Kooperatif Tipe (STAD) dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas V SD Negeri 18 Air Tawar Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_AGUNG_MAULANA_18329053_3464_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah selama terjadinya proses belajar mengajar, banyak sekali siswa yang hasil belajarnya sangat menurun, akibatnya siswa sangat susah untuk paham terhadap suatu pembelajaran. Jika dilihat dari segi ke aktifan siswa, siswa yang aktif hanya beberapa orang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dari model kooperatif tipe (STAD) dalam meningkatkan aktivitas belajar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan sampel kelas V SDN 18 air tawar selatan kecamatan padang utara dengan jumlah murid 15 orang. Instrumen dan tekhnik pengumpulan data penelitian ini menggunakan format observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu pengambilan kesimpulan dari wawancara guru dan siswa. Hasil yang didapat dari penelitian ini yaitu model STAD terbukti dapat untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa, ini terlihat saat peneliti mengamati peserta didik yang sangat bersemangat dan antusias saat kegiatan pembelajaran berlangsung, oleh karena itu model STAD ini dapat digunakan untuk pembelajaran agar proses belajar mengajar dilaksanakan secara efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSatria, RenggaUNSPECIFIED
CorrectorSulaiman, SulaimanUNSPECIFIED
CorrectorWirdati, WirdatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN, KOOPERATIF TIPE STAD, PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 28 Aug 2023 03:40
Last Modified: 28 Aug 2023 03:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46076

Actions (login required)

View Item View Item