Pengaruh Pengeluaran Pemerintah Bidang Pendidikan, Pendapatan Perkapita dan Kemiskinan Terhadap APM (Angka Partisipasi Murni) di Indonesia

Aurellin, Devliana (2023) Pengaruh Pengeluaran Pemerintah Bidang Pendidikan, Pendapatan Perkapita dan Kemiskinan Terhadap APM (Angka Partisipasi Murni) di Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_08_Devliana _Aurellin_18060003_1123_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis; (1) pengaruh pengeluaran pemerintah bidang pendidikan, (2) pengaruh pendapatan perkapita, (3) pengaruh kemiskinan terhadap angka partisipasi murni di Indonesia terhadap angka partisipasi murni di Indonesia. Penelitian ini bersifat deskriptif dan asosiatif. Data yang digunakan adalah data sekunder dari 33 provinsi di Indonesia tahun 2014-2021 yang diperoleh dari instansi terkait. Penelitian ini menggunakan regresi data panel dengan pendekatan Random Effect Model dibantu software Eviews 9. Variabel yang digunakan adalah angka partisipasi murni jenjang sekolah menengah atas (Y), pengeluaran pemerintah untuk pendidikan (X1), pendapatan perkapita (X2), kemiskinan (X3). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pengeluaran pemerintah untuk pendidikan memiliki berpengaruh positif dan signifikan terhadap angka partisipasi murni pada tingkat sekolah menengah atas di Indonesia (2) Pendapatan perkapita berpengaruh positif dan signifikan terhadap angka partisipasi murni pada tingkat sekolah menengah atas di Indonesia (3) kemiskinan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap angka partisipasi murni sekolah menengah atas di Indonesia..

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSentosa, Sri UlfaUNSPECIFIED
CorrectorIsrayeni, IsrayeniUNSPECIFIED
CorrectorAriusni, AriusniUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi -S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 28 Aug 2023 02:18
Last Modified: 28 Aug 2023 02:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46068

Actions (login required)

View Item View Item