Desain Motif Ragam Hias Sulaman Benang Emas pada Banta Gadang dan Tirai Langik-Langik di Sentra Industri Saniangbaka Kabupaten Solok Sumatera Barat.

Sari, Yesi Novita (2023) Desain Motif Ragam Hias Sulaman Benang Emas pada Banta Gadang dan Tirai Langik-Langik di Sentra Industri Saniangbaka Kabupaten Solok Sumatera Barat. Skripsi thesis, Fakultas Pariwisata dan Perhotelan.

[img]
Preview
Text
B1_1_YESI_NOVITA_SARI_17075054_3210_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kerajinan sulaman benang emas ini menjadi salah satu ciri khas produk Nagari Saningbaka yang perlu dilestarikan dan dikembangkan. Nagari Saniangbaka merupakan satu-satunya Nagari yag memiliki sentra industri kerajinan sulaman benang emas yang ada di Kabupaten Solok. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ragam hias pada produk banta gadang dan tirai langit-langit ditinjau dari, bentuk motif, pola hias dan tata letak motif sulaman benang emas di sentra industri Saniangbaka. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Jenis datanya adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk memperoleh keabsahan data di lakukan melalui triangulasi. Hasil penelitian ditemukan, 1) Bentuk motif pada banta gadang adalah motif aka cino, saik galamai, tupai managun, kaluak paku, pucuak rabuang, bunga matahari, bunga labu dan bunga matahari. Pada tirai langik-langik ditemukan motif kuciang lalok, tatandu maisok bungo, motif bentuk ayam, tampuak manggih, dan motif bunga setangkai. 2) Pola hias dan penempatan motif pada banta gadang dan tirai langik-langik adalah mengisi bidang segitiga, bidang segiempat, bidang lingkaran, dan pinggiran berdiri. Motif-motif tersebut mengandung arti atau makna, aka cino melambangkan keuletan, saik galamai melambangkan hubungan sosial bermasyarakat, tupai managun melambangkan kreatif dan kelincahan, kaluak paku melambangkan kepemimpinan, pucuak rabuang melambangkan kemanfaatan dan tatandu maisok bungo melambangkan kesenangan diatas penderitaan orang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYuliarma, YuliarmaUNSPECIFIED
CorrectorAdriani, AdrianiUNSPECIFIED
CorrectorPuspaneli, PuspaneliUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: RAGAM HIAS, SULAMAN BENANG EMAS, MOTIF SULAMAN
Subjects: T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 25 Aug 2023 09:12
Last Modified: 25 Aug 2023 09:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46066

Actions (login required)

View Item View Item