Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas XI MIPA SMAN 1 Solok

Fauziah, Zizi (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas XI MIPA SMAN 1 Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_ZIZI_FAUZIAH_18029097_287_2023.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep merupakan salah satu tujuan yang harus dikuasai dalam pembelajaran matematika. Kenyataan di lapangan ditemukan bahwa pemahaman konsep peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Solok masih rendah. Salah satu upaya yang dapat mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair square dalam proses pembelajaran matematika. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah pemahaman konsep peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair square lebih baik daripada pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional pada peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Solok tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian adalah kuasi eksperimen dengan rancangan Nonequivalent Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Solok tahun pelajaran 2022/2023. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling, dan terpilih kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pemahaman konsep matematis yang dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis terhadap data penelitian terlihat bahwa pada taraf nyata diperoleh . Karena , maka tolak . Jadi dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar menggunakan model kooperatif tipe think pair square lebih baik daripada pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional di kelas XI MIPA SMAN 1 Solok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRifandi, RonalUNSPECIFIED
CorrectorYerizon, YerizonUNSPECIFIED
CorrectorTasman, FridgoUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 25 Aug 2023 04:20
Last Modified: 25 Aug 2023 04:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46056

Actions (login required)

View Item View Item