Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kamang Magek

Rahmi, Yusfira (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kamang Magek. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_YUSFIRA_RAHMI_18029028_272_2023.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika yang diharapkan dimiliki oleh peserta didik. Namun, kenyataan di sekolah menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kamang Magek masih rendah. Hal ini disebabkan karena peserta didik tidak terlibat secara aktif dalam pembelajaran serta model pembelajaran yang diterapkan pendidik belum mampu memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik dengan optimal. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan menggunakan model kooperatif NHT lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan menggunakan pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini adalah quasi-experiment dengan rancangan desain perbandingan kelompok statis. Populasi dari penelitian ini adalah kelas XI MIPA SMAN 1 Kamang Magek Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan kelas eksperimen adalah kelas XI MIPA 2 dan kelas kontrol adalah kelas XI MIPA 1. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis yang dianalisis dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis data pada taraf nyata α = 0,05 diperoleh P-value = 0,013. Karena P-value < α , maka H0 ditolak. Ini berarti bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang pembelajarannya menerapkan model kooperatif Numbered Heads Together lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran langsung di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kamang Magek.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAsmar, AliUNSPECIFIED
CorrectorAziz, Saddam AlUNSPECIFIED
CorrectorMeutia R, MaulaniUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 25 Aug 2023 03:54
Last Modified: 25 Aug 2023 03:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46054

Actions (login required)

View Item View Item