Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di Kelas VIII SMP

Yulia, Yulia (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di Kelas VIII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_YULIA_1301320_437_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pemilihan dan penggunaan perangkat pembelajaran dalam suatu proses pembelajaran merupakan faktor yang sangat penting dalam mengarahkan peserta didik untuk mendapatkan pengalaman belajar. Hasil observasi menunjukkan bahwa masih banyak siswa kelas VIII SMPN 15 Padang Tahun Pelajaran 2020/2021 yang mengalami kesulitan dalam memahami dan menerapkan konsep materi dari buku teks yang digunakan. Salah satu perangkat pembelajaran yang dapat digunakan untuk permasalahan tersebut adalah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis model pembelajaran Discovery Learning untuk jenjang SMP kelas VIII semester II pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Kualitas dari LKPD yang dikembangkan dinilai berdasarkan aspek kevalidan dan kepraktisan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga tahap, yaitu fase investigasi awal (Preliminary Research), fase pengembangan (Prototyping Phase), dan fase penilaian (Assessment Phase). Fase investigasi awal terdiri dari analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis konsep dan analisis peserta didik. Fase pengembangan merupakan tahap untuk merancang perangkat pembelajaran yang terdiri dari prototype 1, prototype 2, dan prototype 3. Pada prototype 1 dilakukan self evaluation dan expert review oleh pakar pendidikan matematika untuk melihat validitas LKPD yang dikembangkan. Pada prototype 2 dilakukan ujicoba satu-satu (One-to-One Evaluation) dengan mengujicobakan LKPD yang sudah divalidasi kepada tiga orang peserta didik dengan kemampuan kognitif heterogen. Tahap terakhir yaitu fase penilaian untuk melihat kepraktisan LKPD melalui hasil angket praktikalitas terhadap angket respon peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data validitas menunjukkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik berbasis model pembelajaran Discovery dari segi kelayakan isi, pendekatan saintifik, kebahasaan, penyajian dan kegrafikan mempunyai tingkat validitas 78,84% dengan kategori valid. LKPD juga memenuhi kriteria praktis dari hasil angket dan wawancara. Hasil analisis data angket praktikalitas peserta didik yaitu 88,09% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik berbasis model pembelajaran Discovery pada materi SPLDV untuk peserta didik kelas VIII SMP dapat dinyatakan valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorTasman, FridgoUNSPECIFIED
CorrectorDwina, FitrianiUNSPECIFIED
CorrectorRosha, MediaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 25 Aug 2023 03:54
Last Modified: 25 Aug 2023 03:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46053

Actions (login required)

View Item View Item