Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 12 Padang.

Amelia, Tesa (2023) Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 12 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_TESA_AMELIA_18029119_962_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematika merupakan salah satu kemampuan dasar yang penting dan harus dikembangkan pada diri peserta didik dalam pembelajaran matematika. Hal ini sesuai dengan salah satu tujuan pembelajaran matematika. Namun, kenyataan yang ditemukan di lapangan menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematika peserta didik kelas XI SMA Negeri 12 Padang masih rendah. Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dapat dijadikan solusi untuk permasalahan tersebut. Tujuan penelitian untuk mengetahui perkembangan pemahaman matematika peserta didik selama diterapkan pendekatan RME dan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematika peserta didik yang belajar dengan pendekatan RME lebih baik daripada peserta didik yang belajar secara konvensional di kelas XI SMA Negeri 12 Padang tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah quasi-experiment dengan rancangan penelitian Non-equivalent Posttest Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI SMA Negeri 12 Padang, dengan kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 5 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yaitu kuis dan tes akhir pemahaman konsep matematika. Data untuk nilai kuis dilihat dengan melihat skor setiap pertemuan serta ketercapaian dari setiap indikator dan tes akhir pengujian menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar menggunakan pendekatan realistic mathematics education lebih baik daripada yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Pada awal observasi dilakukan terlihat pemahaman konsep peserta didik masih rendah. Selama proses pembelajaran tampak meningkat dengan diterapkannya pendekatan realistic mathematics education, hal ini dapat dilihat dari meningkatnya skor kuis peserta didik setiap pertemuan. Pada akhir penelitian diperoleh bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar menggunakan pendekatan realistic mathematics education lebih baik daripada yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini disimpulkan berdasarkan uji hipotesis dengan uji t diperoleh nilai P value=0,001. Pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata 71,54, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata 52,82. Selain itu pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar menggunakan pendekatan realistic mathematics education mengalami peningkatan. Hal ini disimpulkan berdasarkan rata-rata kuis pada masing-masing indikator pemahaman konsep matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAsmar, AliUNSPECIFIED
CorrectorFauzan, AhmadUNSPECIFIED
CorrectorDwina, FitraniUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 25 Aug 2023 03:42
Last Modified: 25 Aug 2023 03:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46050

Actions (login required)

View Item View Item