Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 25 Padang

Sari, Widya Flima (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 25 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_WIDYA_FLIMA_SARI_18029177_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematika merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran matematika yang harus dimiliki oleh peserta didik. Namun kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 25 Padang masih rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membandingkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square lebih baik daripada yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional serta mendeskripsikan perkembangan pemahaman konsep matematis peserta didik selama diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square di kelas VIII SMP Negeri 25 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dan deskriptif dengan rancangan penelitian Non-equivalent Posttest Only Kontrol Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah kelas VIII SMP Negeri 25 Padang Tahun pelajaran 2022/2023. Kelas eksperimen yaitu kelas VIII 1 dan kelas kontrol yaitu kelas VIII 3 serta subjek deskriptif yaitu kelas VIII 1 Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuis yang diberikan setiap pertemuan untuk melihat perkembangan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas eksperimen dan tes pemahaman konsep untuk membandingkan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan analisis data hasil kuis terdapat peningkatan pada setiap indikator pemahaman konsep matematis. Berdasarkan hasil analisis tes pemahaman konsep matematis dengan taraf nyata

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDwina, FitrianiUNSPECIFIED
CorrectorArmiati, ArmiatiUNSPECIFIED
CorrectorRusyda, Nurul AfifahUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 25 Aug 2023 03:42
Last Modified: 25 Aug 2023 03:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46049

Actions (login required)

View Item View Item