Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 1 Hulu Kuantan

Novia, Silva (2023) Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 1 Hulu Kuantan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_SILVA_NOVIA_18029116_1823_2023.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Pada dasaranya peserta didik dalam proses belajar matematika selalu berhadapan dengan masalah yang perlu dipecahkan untuk mendapatkan penyelesaianya. Kemampuan pemecahan masalah matematis menjadi salah satu kemampuan yang perlu dikuasai oleh peserta didik dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil tes di SMPN 1 Hulu Kuantan dapat dilihat bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik masih rendah dengan rata-ratanya adalah pada setiap indikator. Hal ini disebabkan oleh peserta didik yang kurang berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran serta pendekatan yang digunakan belum mampu mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan adalah pendekatan realistic mathematics education (RME). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan apakah kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar menggunakan pendekatan RME lebih baik daripada peserta didik yang belajar menggunakan pendekatan konvensional di kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah quasi-experiment dengan rancangan penelitian nonequivalent posttest only control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII SMPN 1 Hulu Kuantan, dengan kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol. Untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik digunakan soal tes dalam bentuk soal uraian yang memuat indikator pemecahan masalah. Berdasarkan hasil deskripsi dan analisis data yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar menggunakan pendekatan RME lebih baik daripada peserta didik yang belajar menggunakan pendekatan konvensional di SMPN 1 Hulu Kuantan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYerizon, YerizonUNSPECIFIED
CorrectorFauzan, AhmadUNSPECIFIED
CorrectorTasman, FridgoUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 25 Aug 2023 03:41
Last Modified: 25 Aug 2023 03:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46045

Actions (login required)

View Item View Item