Pengembangan E-Modul Sejarah Indonesia Untuk Melatih Kemampuan Berfikir Sejarah Kelas XII SMA

Aupa, Elsa Maqthul (2022) Pengembangan E-Modul Sejarah Indonesia Untuk Melatih Kemampuan Berfikir Sejarah Kelas XII SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_ELSA_MAQTHUL_AUPA_18046142_4926_2022.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dilatar belakangi dari hasil temuan yang peneliti dapatkan dari hasil observasi lapangan di SMAN 1 Dumai diperoleh informasi praktik pembelajaran sejarah yang ada masih berpusat pada guru (teacherc entere dlearning) serta sumber belajar yg tersedia belum dapat melatih kemandirian peserta didik dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah bahan ajar berupa E-Modul pembelajaran sejarah Indonesia berdasarkan analisis sebab-akibat (kausalitas) untuk melatih kemampuan berfikir sejarah kelas XII SMA .Jenispenelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Researceand Development) dengan mengadaptasi model pengembangan ADDIE terdiri dari 5 langkah pengembangan yaitu analysis, desain, development, implementation, evaluation. Penelitian ini menggunakan teori konsrtuktivisme dikarenakan teori ini membebaskan peserta didik untuk mengkonstruksi pengetahuannya melalui sebuah kegiatan dimana mereka harus aktif dalam mengusung konsep dan memberi makna terhadap sesuatu yang dipelajari maka dari itu berdasarkan hal tersebut E• Modul dapat membantu peserta didik dalam membangun pengetahuannya secara mandiri sehingga diharapkan dengan penggunaan pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran dapat membantu meningkatkan pemahaman sisiwa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, penyebaran kuesioner dan validasi E-Modul dengan menguji cobakan produk pada peserta didikkelas XII Mipa sebanyak 15 orang. Berdasarkan hasi luji validasi dan praktikalitas. Berdasarkan hasil uji validasi terhadap E-modul dinyatakan layak untuk digunakan berdasarkan penilaian dari ahli bahan ajar dengan rata-rata persentase sebesar 87%(sangat baik) dan ahli materi diperoleh validitas dengan rata• rata persentase sebesar 94% (sangat baik). Dari uji praktikalitas terhadap guru diperoleh rata-rata hasil persentase sebesar 100 % (Sangat praktis) dan uji coba kepada 15 orang peserta didik diperoleh rata-rata hasil persentase sebesar 86% (Sangat Praktis).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYefterson, Ridho BayuUNSPECIFIED
CorrectorLionar, UunUNSPECIFIED
CorrectorHastuti, HeraUNSPECIFIED
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 25 Aug 2023 02:24
Last Modified: 25 Aug 2023 02:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46033

Actions (login required)

View Item View Item