Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Berbasis Problem Based Learning untuk Sekolah Penggerak fase F SMA/MA pada Materi Hidrolisis Garam

Naibaho, Sriwahyuni (2023) Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Berbasis Problem Based Learning untuk Sekolah Penggerak fase F SMA/MA pada Materi Hidrolisis Garam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_07_SRIWAHYUNI_NAIBAHO_19035055_5458_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar berupa modul pembelajaran berbasis masalah yang akan digunakan untuk sekolah penggerak pada materi hidrolisis garam serta mengetahui bagaimana tingkat validitas dan praktikalitas modul pembelajaran kimia yang dikembangkan. Modul pembelajaran ini disusun dengan menggunakan model problem based learning, sebagai salah satu solusi yang sedang dihadapi oleh guru pada kurikulum merdeka untuk melaksanakan pembelajaran berbasis masalah. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan dengan model Plomp yang dikembangkan oleh Tjeerd. Tahap dari penelitian pengembangan ini terdiri atas investigasi awal, perancangan prototipe dan asesmen, dengan jenis data yang digunakan yaitu data primer yang dikumpulkan melalui instumen validasi dan praktikalitas. Data validasi modul diperoleh dari 3 dosen kimia UNP dan 2 orang guru kimia SMAN 15 Padang, sedangkan data praktikalitas modul berasal dari 2 orang guru kimia SMAN 15 Padang dan 20 peserta didik fase F SMAN 15 Padang. Hasil penelitian pada pengembangan modul diperoleh nilai rata-rata validitas aikens’V 0.86 dengan kategori valid, sedangkan hasil praktikalitas modul oleh guru diperoleh persentase rata-ratanya sebesar 92% dengan kategori sangat praktis dan hasil rata-rata persentase praktikalitas oleh peserta didik sebesar 91% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil yang ditemukan dan juga evaluasi one to one yang dilakukan dapat disimpulkan bahwasanya modul kimia yang dikembangkan sudah dalam kategori valid dan sangat praktis melalui penilaian modul dengan menggunakan instrumen data validitas dan praktikalitas yang dilakukan.Harapannya modul yang dikembangkan dilakukan uji efektifitas untuk peneliti selanjutnya sehingga modul pembelajaran ini dapat menjadi salah satu solusi bagi guru untuk melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan kurikulum merdeka pada sekolah penggerak dalam mempersiapkan peserta didik yang kreatif, mandiri dan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSuryani, OktaUNSPECIFIED
CorrectorGuspatini, GuspatiniUNSPECIFIED
CorrectorRiga, RigaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODUL PROBLEM BASED LEARNING, KURIKULUM MERDEKA, SEKOLAH PENGGERAK
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 25 Aug 2023 01:44
Last Modified: 25 Aug 2023 01:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46028

Actions (login required)

View Item View Item