Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP N 15 Padang

Amelia, Sinta (2023) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP N 15 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_SINTA_AMELIA_19029114_5399_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika yang harus dicapai oleh peserta didik. Namun kenyataannya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik di sekolah masih rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model Problem Based Learning. Tujuan akhir dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar dengan model Problem Based Learning lebih baik dibanding yang belajar dengan pembelajaran konvensional di kelas VII SMP N 15 Padang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment (eksperimen semu) dan rancangan yang digunakan adalah equivalent posttest-only. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII di SMP N 15 Padang. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan random sampling dengan teknik simple random sampling, diperoleh kelas VII 1 sebagai kelompok eksperimen dan VII 2 sebagai kelompok kontrol. Berdasarkan analisis data tes kemampuan pemecahan masalah matematis diperoleh P-value = 0,00 dengan taraf nyata (α = 0,05), karena P-value < α, maka H0 ditolak. Kesimpulan yang didapatkan adalah peserta didik yang belajar dengan model Problem Based Learning lebih baik dibanding yang belajar dengan pembelajaran konvensional di kelas VII SMP N 15 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorElniati, SriUNSPECIFIED
CorrectorIrwan, IrwanUNSPECIFIED
CorrectorKhairani, KhairaniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PROBLEM BASED LEARNING, KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 25 Aug 2023 01:44
Last Modified: 25 Aug 2023 01:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46027

Actions (login required)

View Item View Item