Ekpresi Gen Glutatione S-Transferase (gst) Akar Beberapa Varietas Padi (oryza sativa l.) yang Mendapat Perlakuan Simulasi Kekeringan Menggunakan PEG

Nabilah, Rezi (2023) Ekpresi Gen Glutatione S-Transferase (gst) Akar Beberapa Varietas Padi (oryza sativa l.) yang Mendapat Perlakuan Simulasi Kekeringan Menggunakan PEG. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_04_REZI_NABILAH_19032093_5189_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 1 faktor yaitu 3 varietas padi yang digunakan; Harum, Situbagendit, dan Rosna. Dengan dua perlakuan yaitu kontrol tanpa cekaman kekeringan (dengan larutan kultur hara Yoshida) dan simulasi cekaman kekeringan dengan penambahan 20% PEG-6000 dalam kultur hara Yoshida, setiap perlakuan diulang sebanyak 3 kali. Sekuen primer didesain menggunakan software Geneious Prime dan Primer BLAST tools pada NCBI. Ekspresi gen dianalisis dengan metode relative quantification-PCR. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan membandingkan nilai ekspresi gen kontrol dan perlakuan. Hasil penelitian diperoleh pasangan sekuen primer GST forward dan reverse (5’-TTCGAAGGGCCAGCATTACT-3’ dan 5’- GCAATGTCCACCAAGCTGAA-3’) dengan suhu annealing 60ºC. Perbedaan tingkat ketahanan setiap varietas padi yang mendapat perlakuan simulasi kekeringan menggunakan PEG menyebabkan terjadinya penurunan tingkat ekspresi gen GST pada tanaman padi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorViolita, ViolitaUNSPECIFIED
CorrectorPutri, Dwi HildaUNSPECIFIED
CorrectorAchyar, AfifatulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: CEKAMAN KEKERINGAN, EKSPRESI GEN GST
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 24 Aug 2023 07:47
Last Modified: 24 Aug 2023 07:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46021

Actions (login required)

View Item View Item