Perbandingan Pengaruh Latihan Sirkuit Training dan Latihan Interval Ekstensif terhadap Kemampuan Daya Tahan Pemain Sekolah Sepak Bola (SSB) Mitra Remaja Kecamatan Angkola Barat

Harahap, Fahrur Rozi (2023) Perbandingan Pengaruh Latihan Sirkuit Training dan Latihan Interval Ekstensif terhadap Kemampuan Daya Tahan Pemain Sekolah Sepak Bola (SSB) Mitra Remaja Kecamatan Angkola Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_FAHRUR_ROZI_HARAHAP_17089205_647.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Masalah dari penelitian ini adalah masih banyak pemain yang memiliki daya tahan yang kurang dan belum maksimal, kurangnya pemberian latihan untuk daya tahan pemain dari pelatih, masih banyak pemain yang tidak mengetahui latihan untuk daya tahan sebagai peningkatan permainan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh latihan sirkuit training dan latihan interval terhadap kemampuan daya tahan pemain sekolah sepakbola (SSB) Mitra Remaja Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan Provinsi Sumatera Utara, untuk mengetahui pengaruh latihan sirkuit terhadap daya tahan, serta untuk mengetahui pengaruh latihan interval terhadap daya tahan. Penelitian ini menggunakan instrumen tes Yoyo Intermitten Recovery, kemudian di analisis dengan menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Hipotesis. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, adapun latihan interval ekstensif merupakan variabel bebas, sedangkan daya tahan aerobik merupakan variabel terikat, jumlah sampel sebanyak 30 orang. Desain penelitian ini menggunakan “Two Groups Pretest-Posttest Design”, yaitu desain penelitian yang terdapat pretest sebelum di beri perlakuan dan post test setelah diberi perlakuan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil sebagai berikut; 1) Terdapat pengaruh latihan sirkuit training terhadap peningkatan daya tahan pemain sepakbola Mitra Remaja, berdasarkan pretest dan posttest. uji t dapat dilihat bahwa thitung 3,44 dan ttabel 2,14 dengan nilai signifikan 0,05. 2) Terdapat pengaruh latihan interval terhadap peningkatan daya tahan pemain sepakbola Mitra Remaja, berdasarkan pretest dan posttest. uji t dapat dilihat bahwa t hitung 3,61 dan t tabel 2,14 dengan nilai signifikan 0,05. Oleh karena thitung 3,61 > ttabel 2,14 dan nilai signifkan 0,05, maka hasil ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan. 3)Terdapat perbedaan pengaruh latihan sirkuit training dengan latihan interval terhadap peningkatan daya tahan. tabel uji t diatas apat dilihat bahwa thitung sebesar 5,08 dan t ttabel (df 28) sebesar 2,04, berarti ada pebedaan yang signifikan antara posttest latihan sirkuit training dengan posttest interval training.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorBahtra, RidhoUNSPECIFIED
CorrectorTohidin, DidinUNSPECIFIED
CorrectorGemaini, AndriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Sirkuit Training Interval Ekstensif Sekolah Sepak Bola
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 24 Aug 2023 04:04
Last Modified: 24 Aug 2023 04:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46008

Actions (login required)

View Item View Item