Produksi pigmen merah oleh monascus purpureus dalam medium limbah ubi kayu dengan jumlah starter dan lama fermentasi berbeda

Fifendy, Mades and Irdawati, Irdawati (2008) Produksi pigmen merah oleh monascus purpureus dalam medium limbah ubi kayu dengan jumlah starter dan lama fermentasi berbeda. Project Report. FMIPA UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
1. Penelitian 2008 ok.pdf

Download (137kB) | Preview

Abstract

Pigmen merah yang merupakan metabolit skunder dari kapang juga dihasilkan oleh Monascus purpureus . Pigmen merah tersebut dikenal juga dengan pigmen angkak, karena dapat memproduksi angkak, yaitu makanan tradisional berupa beras yang sudah difermentasi oleh M.purpureus sehingga berwarna merah. Pewarna alami makanan lebih disukai karena lebih aman untuk kesehatan dibandingkan dengan pewarna sintetis yang beberapa diantaranya bersifat karsinogenik. Limbah kulit ubi kayu yang sebenarnya masih mengandung senyawa gizi terutama karbohidrat dapat dimanfaatkan untuk media fermentasi terutama sebagai substrat M. purpureus dalam menghasilkan pigmen merah. Pada penelitian ini akan dipelajari Produksi Pigmen Merah oleh M. purpureus dalam medium limbah ubi kayu dengan jumlah starter dan lama fermentasi berbeda. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen dengan menggunakan rancangan acak lengkap berpola faktorial. Dari penelitian ini diketahui bahwa produksi pigmen merah oleh M.purpureus dalam medium limbah ubi kayu dengan jumlah stater dan waktu fermentasi berbeda menghasilkan konsentrasi pigmen yang berbeda. Absorbansi pigmen tertinggi diperoleh perlakuan jumlah starter 10% dengan lama fermentasi 13 hari yaitu 6,3 , sedangkan absorbansi pigmen terendah dihasilkan pada perlakuan jumlah starter 0 % dengan lama fermentasi 15 hari yaitu 0,039.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 22 Jan 2016 02:28
Last Modified: 22 Jan 2016 02:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46

Actions (login required)

View Item View Item