Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions erhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII MTsN 2 Lima Puluh Kota

Isra, Novi (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions erhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII MTsN 2 Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_NOVI_ISRA_17029170_5535_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan pencapaian tujuan pendidikan pada peserta didik yang mengikuti proses belajar mengajar, hasil belajar peserta didik pada hakikatnya adalah perubahan tingkah laku sebagai hasil belajar. Kenyataan di lapangan ditemukan bahwa hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII MTsN 2 Lima Puluh Kota tahun pelajaran 2022/2023 masih rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisionsmenggunakan pendekatan saintifik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apakah hasil belajar matematika peserta didik yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisions lebih baik daripada yang belajar dengan pembelajaran langsung pada kelas VIII MTsN 2 Lima Puluh Kota. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan randomized control-group only design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTsN 2 Lima Puluh Kota. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik simplerandom sampling, terpilih kelas VIII.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.6 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar matematika berbentuk soal uraian. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji U. Berdasarkan hasil analisis data penelitian pada taraf nyata α=0,05dan P-value = 0,0228dengan menggunakan uji U diperoleh bahwa hasil belajar matematika peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisions lebih baik daripada peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung di kelas VIII MTsN 2 Lima Puluh Kota.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJamaan, Elita ZustiUNSPECIFIED
CorrectorAsmar, AliUNSPECIFIED
CorrectorMirna, MirnaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR MATEMATIKA, STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS, PEMBELAJARAN LANGSUNG
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 24 Aug 2023 01:29
Last Modified: 24 Aug 2023 01:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45996

Actions (login required)

View Item View Item