Ekspresi Gen Peroksidase (POD) Akar Beberapa Varietas Padi (Oryza sativa L.) yang Mendapat Perlakuan Simulasi Kekeringan Menggunakan PEG

Fauziah, Nella (2023) Ekspresi Gen Peroksidase (POD) Akar Beberapa Varietas Padi (Oryza sativa L.) yang Mendapat Perlakuan Simulasi Kekeringan Menggunakan PEG. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_04_NELLA_FAUZIAH_19032029_5204_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Padi (Oryza sativa L.) merupakan tanaman penting bagi masyarakat Indonesia yang digunakan sebagai sumber makanan pokok. Salah satu tantangan besar bagi petani Indonesia adalah terjadinya perubahan iklim dan rusaknyainfrastrukturirigasi yang dapat mengakibatkan terjadinya kekeringan pada lahan pertanian. Sebagai respon terhadap cekaman kekeringan, tanaman mengaktifkan mekanisme respon kekeringan dengan gen tahan kekeringan, salah satu gen yang berperan dalam mempertahankan tanaman dari cekaman kekeringan adalah peroksidase (POD). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sekuen primer spesifik dan suhu annealing optimum untuk amplifikasi gen POD serta untuk mengetahui tingkat ekspresi gen POD pada akar beberapa varietas padi yang mendapat perlakuan simulasi kekeringan menggunakan PEG. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, menggunakan 3 varietas padi (Harum, Situbagendit dan Rosna) yang diberi perlakuan simulasi kekeringan menggunakan 20% PEG-6000 dalam larutan kultur hara Yoshida dan Kontrol menggunakan larutan kultur hara Yoshida. Metodeyang digunakan dalam amplifikasi gen PODadalahquantitative reverse transcription-PCR(qRT-PCR). Metode ini memerlukan beberapa komponen penting salah satunya yaitu primer (forward dan reverse). Primer tersebut didesain menggunakan program Primer Quest kemudian dianalisis menggunakan Geneious Prime. Optimasi suhu annealing dilakukan menggunakan metode gradient PCR. Ekspresi gen dianalisis dengan membandingkan selisih peningkatan ekspresi gen antara kontrol dan perlakuan cekaman. Hasil desain primer dengan kriteria terbaik untuk amplifikasi gen POD yaitu Forward POD 5’-AAATGCGTCGATCTACTGTACCT-3’ dan Reverse POD5’-GTGTTGAAAATGGCAATAAACCGG-3’, dan hasil optimasi suhu annealing yang terbaik dalam mengamplifikasi gen POD adalah pada suhu 60oC. Hasil analisis data Ct menunjukan bahwatidak terdapat perbedaan nyata ekspresi genPODpada setiap varietas antara kontrol dengan perlakuan cekaman kekeringan dan padi dengan sifat ketahanan moderat memperlihatkan peningkatan ekspresi gen POD lebih tinggi dibandingkan varietas lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorViolita, ViolitaUNSPECIFIED
CorrectorAdvinda, LindaUNSPECIFIED
CorrectorAchyar, AfifatulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: CEKAMAN KEKERINGAN, EKSPRESI GEN PEROKSIDASE, REALTIME PCR
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 23 Aug 2023 08:43
Last Modified: 23 Aug 2023 08:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45994

Actions (login required)

View Item View Item