Ekspresi Gen Katalase (cat) Akar Beberapavarietas Padi (oryza sativa l.) yang Mendapat Perlakuan Simulasi Kekeringan Menggunakan PEG

Yulita, Nelfi (2023) Ekspresi Gen Katalase (cat) Akar Beberapavarietas Padi (oryza sativa l.) yang Mendapat Perlakuan Simulasi Kekeringan Menggunakan PEG. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_04_NELFI_YULITA_19032028_5279_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Cekaman kekeringan merupakan salah satu permasalahan yang sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman padi. Cekaman kekeringan menyebabkan kerusakan pada tanaman akibat kelebihan produksi Reactive Oxygen Species (ROS) selama cekaman kekeringan. Namun tanaman telah mengembangkan sistem antioksidan enzimatik sebagai bentuk respon pertahanan terhadap kerusakan yang disebabkan oleh ROS. Salah satu antioksidan enzimatik tersebut adalah katalase. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sekuen primer spesifik dan suhu annealing optimum untuk amplifikasi gen katalase (CAT) padi, serta mengetahuipengaruh perbedaan tingkat ketahanan setiap varietas padi yang mendapat perlakuan simulasi kekeringan menggunakan PEG terhadap tingkat ekspresi gen katalase (CAT). Jenis penelitian berupa eksperimen, menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 1 faktor (varietas padi Situbagendit, Harum, dan Rosna) dan 2 kali ulangan. Perlakuan kontrol menggunakan larutan kultur hara Yoshida, sedangkan simulasi kekeringan menggunakan 20% PEG 6000 dalam larutan kultur hara Yoshida. Sekuen primer didesain menggunakan softwareGeneious Prime dan Primer BLAST tools pada NCBI. Metode yang digunakan dalam optimasi suhu annealing adalah gradient PCR, dan metode untuk deteksi ekspresi gen CATadalah Reverse TranscriptionPolymerase Chain Reaction (RT-PCR). Ekspresi gen katalase (CAT) diukur secara semi kuantitatif RT-PCR yang dinyatakan dalam ketebalan pita dan dianalisis secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini didapatkan sepasang primer yaitu primer CAT forward 5’-ATAAGTAGGGCGGTGTGTGG-3’ dan primer CAT reverse 5’-GCGAGTTGTTGTTGTTCCATAC-3’. Pasangan primer ini menghasilkan amplikon 185 bp pada gen CATOryza sativa. Suhu annealing optimum untuk pasangan primer ini adalah 60ºC. Terjadi penurunan ekspresi gen pada varietas padi yang bersifat toleran dan moderat, sedangkan pada padi dengan ketahanan sensitif terjadi kenaikan ekspresi gen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorViolita, ViolitaUNSPECIFIED
CorrectorPutri, Dwi HildaUNSPECIFIED
CorrectorAchyar, AfifatulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: CEKAMAN KEKERINGAN, EKSPRESI GEN KATALASE, AKAR BEBERAPAVARIETAS PADI
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 23 Aug 2023 08:43
Last Modified: 23 Aug 2023 08:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45993

Actions (login required)

View Item View Item