Ekspresi Gen Monodehydroascorbate Reductase (MDHAR) Akar Beberapa Varietas Padi (Oryza Sativa L.) yang Mendapat Perlakuan Simulasi Kekeringan Menggunakan PEG

Hafsah, Jumatul (2022) Ekspresi Gen Monodehydroascorbate Reductase (MDHAR) Akar Beberapa Varietas Padi (Oryza Sativa L.) yang Mendapat Perlakuan Simulasi Kekeringan Menggunakan PEG. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_04_JUMATUL_HAFSAH_19032072_5158_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pada kondisi kekeringan gen tertentu akan diinduksi sebagai bentuk pertahanan tumbuhan. Produk dari gen tersebut akan terlibat dalam perlindungan seluler dari kerusakan terkait stres. Adaptasi terhadap cekaman kekeringan pada tanaman melibatkan perubahan ekspresi gen sebagai respon terhadap kekeringan. Gen Monodehydroascorbate reductase (MDHAR) bertanggung jawab atas pertumbuhan, perkembangan dan respon cekaman pada tanaman. Penelitian ini bertujuan untuk merancang primer dan mengetahui optimasi suhu annealing primer serta mengetahui ekspresi gen MDHAR akar beberapa varietas padi dipengaruhi oleh tingkat ketahanan setiap varietas padi yang mendapat perlakuan simulasi kekeringan menggunakan PEG. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian eksperimen. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 1 faktor dan 3 kali ulangan. Faktor tersebut adalah tiga varietas padi yaitu varietas Harum (toleran), Situbagendit (moderat), dan Rosna (sensitif). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu desain primer, optimasi suhu annealing primer dan uji ekspresi gen. Untuk uji ekspresi gen MDHAR dimulai dari isolasi RNA, sintesis cDNA, dan Reverse Transciption Polymerase Chain Reaction (RT-PCR). Ekspresi gen MDHAR diukur secara semi kuantitatif RT-PCR yang dinyatakan dalam ketebalan pita. Hasil desain primer MDHAR diperoleh primer ideal dengan urutan forward 5’-AAAAACACTGCATGGGTCGTC-3’ dan reverse 5’- CGCCTACCGTTTCCCAAGTT-3’. Pasangan primer dapat mengamplifikasi gen MDHAR dari Oryza sativa dengan ukuran produk 160 bp. Hasil optimasi suhu annealing optimum untuk pasangan primer tersebut adalah suhu 60 °C. Varietas toleran dan sensitif mengalami penurunan ekspresi gen, sedangkan varietas moderat mengalami peningkatan ekspresi gen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorViolita, ViolitaUNSPECIFIED
CorrectorAdinda, LindaUNSPECIFIED
CorrectorAchyar, AfifatulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: EKSPRESI GEN, ORYZA SATIVA
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 23 Aug 2023 06:31
Last Modified: 23 Aug 2023 06:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45987

Actions (login required)

View Item View Item