Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 4 Bukittinggi

Suci, Restie Amanda (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 4 Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_RESTIE_AMANDA_SUCI_18029051_1907_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematis merupakan aspek penting yang perlu ditingkatkan melalui pembelajaran matematika. Namun pada kenyataannya pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII SMPN 4 Bukittinggi belum berkembang secara optimal. Hal ini terlihat dari hasil belajar peserta didik yang rendah, mereka dalam pembelajaran cenderung kurang aktif. Oleh sebab itu, dilakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Learning Cycle 7E untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan apakah pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model Learning Cycle 7E lebih baik daripada yang belajar dengan pembelajaran langsung di kelas VIII SMPN 4 Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan The Nonequivalent Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian yaitu peserta didik kelas VIII SMPN 4 Bukittinggi yang terdaftar pada Tahun Pelajaran 2022/2023. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, terpilih peserta didik kelas VIII.C sebagai kelompok eksperimen dan VIII.A sebagai kelompok kontrol. Instrumen penelitian adalah tes pemahaman konsep matematis, yang mencakup indikator-indikator; menyatakan ulang konsep yang telah dipelajari, mengklasifikasikan objek-objek, mengidentifikasi sifat-sifat operasi, menerapkan konsep-konsep secara logis, memberikan contoh dan bukan contoh, menyajikan konsep dalam berbagai representasi matematis, mengaitkan berbagai objek dalam maupun luar matematika, dan mengembangkan syarat perlu suatu konsep. Untuk menguji hipotesis digunakan uji t. Berdasarkan analisis data diperoleh P-value sebesar 0,0002, atau P-value lebih kecil dari taraf nyata sebesar 0,05, artinya tolak H0. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Learning Cycle 7E berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik. Maka dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran Learning Cycle 7E lebih baik daripada yang belajar dengan pembelajaran langsung di kelas VIII SMPN 4 Bukittinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorElniati, SriUNSPECIFIED
CorrectorDwina, FitrianiUNSPECIFIED
CorrectorSuherman, SuhermanUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 22 Aug 2023 08:45
Last Modified: 22 Aug 2023 08:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45981

Actions (login required)

View Item View Item