Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik Kelas IX di SMP Negeri 16 Padang

Insyara, Rania (2023) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik Kelas IX di SMP Negeri 16 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_RANIA_INSYARA_ 18029114_241_2023.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Kemampuan literasi matematis sangat diperlukan dalam proses pembelajaran karena dengan memiliki kemampuan literasi matematis, proses penyelesaian masalah yang dilakukan peserta didik akan lebih efektif karena peserta didik mampu menentukan konsep matematika yang cocok untuk digunakan dalam penyelesaian masalah yang ada. Dengan adanya literasi matematika membantu individu dalam mengenal peran matematika dalam kehidupan sehari-hari dan berguna dalam menentukan keputusan. Namun berdasarkan hasil tes yang dilakukan di SMP Negeri 16 Padang diperoleh kemampuan literasi matematis peserta didik yang masih rendah. Hal ini disebabkan oleh pelaksanaan pembelajaran yang belum berpusat kepada peserta didik dan peserta didik belum terbiasa dalam mengerjakan soal-soal berbasis masalah nyata yang kompleks. Maka upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) di dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan literasi matematis peserta didik yang belajar dengan model Problem Based Learning (PBL) lebih baik dibandingkan dengan kemampuan literasi matematis peserta didik yang belajar dengan pembelajaran langsung. Pada penelitian ini digunakan penelitian eksperimen semu (quasy experiment) dengan rancangan static group design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas IX.1 sampai IX.8 SMP Negeri 16 Padang Tahun Pelajaran 2022/2023. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling sehingga terpilih kelas IX.8 sebagai kelas eksperimen dan kelas IX.6 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan literasi matematis yang dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis hasil tes kemampuan literasi matematis peserta didik, diperoleh rata-rata skor kelas eksperimen yaitu 22,9 dan kelas kontrol yaitu 18,13. Hasil tes kemampuan literasi matematis setelah dilakukan analisis data diperoleh bahwa pada taraf signifikan 0,05 dengan melakukan uji-t diperoleh P-value = 0,001, karena P-value < maka H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematis peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) lebih baik daripada peserta didik yang menggunakan model pembelajaran langsung di kelas IX SMP Negeri 16 Padang. Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) memberikan pengaruh terhadap kemampuan literasi matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMusdi, EdwinUNSPECIFIED
CorrectorIrwan, IrwanUNSPECIFIED
CorrectorAziz, Saddam AlUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 22 Aug 2023 08:44
Last Modified: 22 Aug 2023 08:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45979

Actions (login required)

View Item View Item