Pengaruh Model Pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir

Asifa, Putri (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_PUTRI_ASIFA_18029014_932_2023.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan salah satu tujuan pembelajaran yang penting untuk dikuasai oleh peserta didik. Namun pada kenyataannya kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir masih tergolong rendah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan model pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending lebih baik daripada yang belajar dengan model pembelajaran langsung di kelas VIII SMP Negeri 1 Tanah Putih Kabupaten Rokan hilir. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan rancangan the nonequivalent posttest-only group design. Populasinya adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir tahun pelajaran 2022/2023. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, didapatkan kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir kemampuan pemahaman konsep matematis. Data hasil tes akhir dianalisis dengan menggunakan uji-. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model Connecting Organizing Reflecting Extending lebih baik daripada yang belajar dengan model pembelajaran langsung di kelas VIII SMP Negeri 1 Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorTasman, FridgoUNSPECIFIED
CorrectorYerizon, YerizonUNSPECIFIED
CorrectorRusyda, Nurul AfifahUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 22 Aug 2023 08:43
Last Modified: 22 Aug 2023 08:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45977

Actions (login required)

View Item View Item