Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 3 Lubuk Basung

Arnof, M. Nafis (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 3 Lubuk Basung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_M_NAFIS_ARNOF_18029146_227_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu tujuan utama pembelajaran matematika. Namun kenyataannya kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII SMPN 3 Lubuk Basung masih rendah. Hal ini dilihat pada hasil tes kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang masih rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik daripada yang belajar dengan model pembelajaran langsung pada kelas VIII SMPN 3 Lubuk Basung. Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan Non-equivalent Postest Only Control Group Design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMPN 3 Lubuk Basung Tahun Pelajaran 2022/2023. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, sehingga terpilih kelas VIII.A sebagai kelas eksperimen dan VIII.H sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan komunikasi matematis berbentuk essay. Data yang diperoleh dianalisis dengan Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji t. Berdasarkan analisis tes akhir diperoleh P-value = 0,004, karena P-Value kurang dari

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorElniati, SriUNSPECIFIED
CorrectorIrwan, IrwanUNSPECIFIED
CorrectorRani, Maulani MeutiaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 22 Aug 2023 08:43
Last Modified: 22 Aug 2023 08:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45975

Actions (login required)

View Item View Item