Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas XI MAN 1 Pasaman Barat

Hanifa, Hazrina (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas XI MAN 1 Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_HAZRINA_HANIFA_17029024_526_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Didik Kelas XI MAN 1 Pasaman Barat Pemahaman konsep matematis merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika yang terdapat dalam Permendikbud nomor 58 tahun 2014. Dalam matematika terdapat topik, materi, atau konsep prasyarat yang harus dipahami peserta didik sebagai dasar atau pondasi untuk memahami materi selanjutnya. Berdasarkan observasi yang dilakukan di MAN 1 Pasaman Barat terlihat bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik masih rendah. Salah satu penyebabnya adalah pembelajaran masih berpusat pada pendidik sehingga peserta didik tidak terlibat aktif dalam pembelajaran. Untuk itu dilakukan penelitian untuk melihat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think talk terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik. Jenis penelitian ini adalah quasy eksperiment dengan rancangan penelitian Static Group Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA MAN 1 Pasaman Barat dengan dua kelas sampel. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak (simple random sampling), didapatkan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes akhir pemahaman konsep matematis. Berdasarkan hasil analisis data tes pada uji hipotesis yang telah dilakukan dengan taraf nyata , diperoleh , yang artinya tolak . Dengan demikin dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write lebih baik dari pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional di MAN 1 Pasaman Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorTasman, FridgoUNSPECIFIED
CorrectorMukhni, MukhniUNSPECIFIED
CorrectorYarman, YarmanUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 22 Aug 2023 08:43
Last Modified: 22 Aug 2023 08:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45974

Actions (login required)

View Item View Item