Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Division terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas XI IPA SMAN 1 2x11 Enam Lingkung

Marlina, Elfy (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Division terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas XI IPA SMAN 1 2x11 Enam Lingkung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_ELFY_MARLINA_17029144_1081_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan suatu pembelajaran matematika dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik. Namun, kenyataannya di lapangan ditemukan bahwa hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 2x11 Enam Lingkung masih rendah. Penyebabnya antara lain yaitu peserta didik kurang terlibat aktif dalam pembelajaran. Salah satu upaya yang dapat mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar matematika peserta didik yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dibandingkan menggunakan model pembelajaran langsung di kelas XI IPA SMAN 1 2x11 Enam Lingkung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan Static Group Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 2x11 Enam Lingkung Tahun Pelajaran 2021/2022. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuis dan tes hasil belajar matematika berupa soal esai. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Berdasarkan hasil penelitian pemberian kuis diperoleh hasil bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika peserta didik kelas XI SMAN 1 2x11 Enam Lingkung. Selain itu, berdasarkan hasil uji hipotesis tes dengan taraf nyata α = 0,05 diperoleh P-value = 0,001. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas XI SMAN 1 2x11 Enam Lingkung

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMirna, MirnaUNSPECIFIED
CorrectorMusdi, EdwinUNSPECIFIED
CorrectorNasution, Minora LonggomUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 22 Aug 2023 08:43
Last Modified: 22 Aug 2023 08:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45973

Actions (login required)

View Item View Item