Pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Mathematics Education Berbantuan E-Modul Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas X SMAN 2 Sutera Pesisir Selatan

Frawidana, Della (2023) Pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Mathematics Education Berbantuan E-Modul Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas X SMAN 2 Sutera Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_DELLA_FRAWIDANA_17029009_182_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah peserta didik memiliki pemahaman konsep matematis yang baik. Namun, pemahaman konsep peserta didik kelas X SMAN 2 Sutera masih tergolong rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik yaitu menerapkan pembelajaran matematika berbasis Realistic Mathematics Education berbantuan E-Modul. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik setelah diberi perlakuan lebih baik dari pada sebelum diberi perlakuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen dengan rancangan the one shot case study. Subjek penelitian ini adalah peserta didik di kelas X IPA 2 SMAN 2 Sutera tahun pelajaran 2021/2022. Instrument yang digunakan adalah tes pemahaman konsep matematika yang berbentuk soal uraian, data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan uji one sampel t dan dianalisis dengan rumus persentase. Berdasarkan analisis data diperoleh =0,05, sehingga tolak H0. Sedangkan hasil analisis dengan rumus persentase diperoleh hasil tes pemahaman konsep peserta didik di kelas subjek 85% lebih tinggi dibandingkan dengan sebelum diberi perlakuan. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika berbasis Realistic Mathematics Education berbantuan E-Modul berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDwina, FitrianiUNSPECIFIED
CorrectorArmiati, ArmiatiUNSPECIFIED
CorrectorSuherman, SuhermanUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 22 Aug 2023 08:43
Last Modified: 22 Aug 2023 08:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45972

Actions (login required)

View Item View Item