Ekspresi Gen Dehydroascorbate Reductase (Dhar) Akar Beberapa Varietas Padi (Oryza Sativa l.) yang Mendapat Perlakuan Simulasi Kekeringan Menggunakan PEG

Putri, Isna Aryunita (2023) Ekspresi Gen Dehydroascorbate Reductase (Dhar) Akar Beberapa Varietas Padi (Oryza Sativa l.) yang Mendapat Perlakuan Simulasi Kekeringan Menggunakan PEG. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_04_ISNA_ARYUNITA_PUTRI_19032017_5175_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Padi merupakan salah satu tanaman yang paling banyak ditanam di Indonesia yang dikonsumsi sebagai sumber karbohidrat. Salah satu permasalahan utama yang menjadi kendala dalam pengelolaan lahan pertanian adalah ketersediaan air yang sangat sedikit serta fluktuasi kadar air tanah yang besar. Kekurangan air tersebut akan menyebabkan cekaman kekeringan pada tanaman. Salah satu respon tanaman mengatasi hal tersebut yaitu dengan membentuk enzim antioksidan. Salah satu enzim antioksidan yang berperan dalam mengatasi radikal bebas adalah Dehydroascorbate reductase (DHAR) yang dapat mempertahankan tanaman dari cekaman kekeringan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sekuen primer spesifik dan suhu annealing optimum untuk amplifikasi gen DHAR dan untuk mengetahui tingkat ekspresi gen DHAR pada akar beberapa varietas padi yang mendapat perlakuan simulasi kekeringan menggunakan PEG. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan mengamati ekspresi gen Dehydroascorbate Reductase (DHAR) pada 3 varietas padi (toleran, moderat, sensitif). Metode ini memerlukan primer forward dan reverse yang spesifik terhadap gen target untuk amplifikasi gen. Primer tersebut didesain dengan menggunakan Primer Quest kemudian dianalisis dengan menggunakan Geneious Prime. Optimasi suhu annealing dilakukan dengan metode gradient PCR. Ekspresi gen dianalisis dengan membandingkan nilai ekspresi gen kontrol dan perlakuan. Hasil desain primer dengankriteriaterbaikyaitu primer ForwardDHAR 5’-GTACCCAACCCCGTCTCTTG-3’ danReverseDHAR 5’-TGGTAGAGCTTTGGTGCCAG-3’ dengan ukuran produk 228 bp, dan hasil optimasi suhu annealing terbaik dalam mengamplifikasi gen DHAR adalah 60ºC. Serta hasil analisis menunjukkan bahwa varietas toleran dan moderat mengalami penurunan sedangkan pada varietas sensitif mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorViolita, ViolitaUNSPECIFIED
CorrectorPutri, Dwi HildaUNSPECIFIED
CorrectorAchyar, AfifatulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: CEKAMAN KEKERINGAN, EKSPRESI GEN DHAR, REALTIME-PCR
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 23 Aug 2023 02:44
Last Modified: 23 Aug 2023 02:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45971

Actions (login required)

View Item View Item