Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 16 Padang

Onelfa, Astri (2023) Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 16 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_ASTRI_ONELFA_18029059_286_2023.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematis merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika yang harus dicapai oleh peserta didik. Namun, pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 16 Padang masih rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik yaitu dengan menerapkan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membandingkan pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar menggunakan pembelajaran langsung dengan peserta didik yang belajar menggunakan pendekatan RME, serta mendeskripsikan perkembangan pemahaman konsep matematis peserta didik selama diterapkan pendekatan RME di kelas VIII SMP Negeri 16 Padang. Jenis penelitian ini adalah quasy-experiment dan deskriptif dengan rancangan penelitian The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah kelas VIII SMP Negeri 16 Padang Tahun Pelajaran 2022/2023. Kelas eksperimen yaitu VIII.2 dan kelas kontrol VIII.4 serta subjek deskriptif yaitu VIII.2. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuis yang diberikan setiap pertemuan untuk melihat perkembangan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas eksperimen dan tes pemahaman konsep untuk membandingkan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Berasarkan analisis data hasil kuis terdapat peningkatan pada setiap indikator pemahaman konsep matematis kecuali indikator 1, 2, dan 4. Berdasarkan analisis tes pemahaman konsep matematis dengan taraf nyata diperoleh P-value dimana P-value maka tolak . Hal ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar menggunakan pendekatan RME lebih baik daripada yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri 16 Padang. Dapat disimpulkan bahwa pendekatan RME memberikan pengaruh terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 22 Aug 2023 07:21
Last Modified: 22 Aug 2023 07:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45970

Actions (login required)

View Item View Item