Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas XI MIPA SMAN 1 Bonjol

Fadhila, Annisa (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas XI MIPA SMAN 1 Bonjol. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_ANNISA_FADHILA_18029126_333_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis menjadi salah satu kemampuan yang diharapkan dapat dimiliki dan dikembangkan dalam pembelajaran matematika. Namun, kenyataannya di SMAN 1 Bonjol kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas XI MIPA masih belum optimal. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik adalah dengan menerapkan model pembelajaran Inkuiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran inkuiri lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran langsung di kelas XI MIPA SMAN 1 Bonjol. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Bonjol 2022/2023. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes akhir kemampuan pemecahan masalah matematis berupa soal uraian. Data yang diperoleh dianalisis dengan Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji t. Berdasarkan analisis terhadap data penelitian terlihat bahwa pada taraf nyata diperoleh P-value = 0,001. Karena P-value < , maka tolak . Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran inkuiri lebih baik daripada yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung di kelas XI MIPA SMAN 1 Bonjol. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri memberikan pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDwina, FitrianiUNSPECIFIED
CorrectorArmiati, ArmiatiUNSPECIFIED
CorrectorMukhni, MukhniUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 22 Aug 2023 07:21
Last Modified: 22 Aug 2023 07:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45969

Actions (login required)

View Item View Item