Penggunaan Semivariogram pada Metode Ordinary Kriging untuk Mengestimasi Curah Hujan di Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau

Metra, Esil (2023) Penggunaan Semivariogram pada Metode Ordinary Kriging untuk Mengestimasi Curah Hujan di Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_02_ESIL_METRA_18030009_5203_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Curah hujan merupakan ketinggian air hujan yang terkumpul dalam penakar hujan pada tempat yang datar, tidak meresap, dan tidak mengalir. Jenis alat pengukur curah hujan yang umum digunakan di Indonesia ada dua yaitu tipe pengukur curah hujan manual tipe observatorium (OBS), dan pengukur curah hujan tipe otomatis ARG (Automatic Rain Gauge). Dalam penelitian ini alat pengukur curah hujan yang digunakan di Kabupaten Kuantan Singingi adalah tipe pengukur curah hujan otomatis yaitu ARG (Automatic Rain Gauge). ARG merupakan alat untuk mengumpulkan data curah hujan secara otomatis dan akurat dan menggunakan sensor sensitif terhadap air yang dapat mendeteksi kapan hujan turun dan mengukur berapa banyak air yang terkumpul. Data curah hujan yang digunakan dalam penelitian ini adalah curah hujan bulanan, yang merupakan jumlah curah hujan harian dalam satu bulan pengamatan pada suatu stasiun curah hujan ARG. Dikarenakan keterbatasan biaya, Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi hanya menempatkan alat tersebut dibeberapa kecamatan yang dianggap sudah mewakili wilayah – wilayah yang berada disekitarnya. Maka diperlukan suatu metode untuk mengestimasi nilai curah hujan yang tidak terdapat pos pengamatan curah hujan yaitu dengan interpolasi spasial. Sehingga metode penaksiran yang digunakan untuk mengamati nilai pada suatu titik yang memperhitungkan nilai spasial disebut metode kriging. Metode Kriging adalah suatu metode geostatistika yang digunakan untuk memprediksi nilai suatu titik yang tidak tersampel berdasarkan titik tersampel yang berada disekelilingnya dengan menggunakan model struktural semivariogram. Oleh sebab itu, metode kriging yang sesuai untuk menyelesaikan masalah ini yaitu ordinary kriging. Sehingga interpolasi pada data curah hujan di Kacamatan Kuntan Singingi pada bulan Februari 2023 memiliki rata-rata 220.382 mm. Curah hujan tertinggi terjadi di Kecamatan Pangean dengan curah hujan 343 mm dan paling rendah terjadi di Kecamatan Singingi yakni 123 mm. Sementara, hasil estimasi curah hujan tiap desa di Kabupaten Kuantan Singingi dimana, curah hujan tertinggi terjadi di Desa Pasar Baru Pangean sebesar 217,185 mm dan terendah terjadi di Desa Perhentian Sungkai sebesar 217,172 mm. Rata – rata curah hujan yang terjadi di tiap desa di Kabupaten Kuantan Singingi adalah sebesar 217,180 mm.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMurni, DewiUNSPECIFIED
CorrectorHelma, HelmaUNSPECIFIED
CorrectorAgustina, DinaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: CURAH HUJAN, SEMIVARIOGRAM, ORDINARY KRIGING
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Aug 2023 03:51
Last Modified: 22 Aug 2023 03:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45965

Actions (login required)

View Item View Item