Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisons (STAD) Berbantuan Kahoot Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas XI SMAN 12 Padang

Josania, Bivany (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisons (STAD) Berbantuan Kahoot Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas XI SMAN 12 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_BIVANY_JOSANIA_19029012_5114_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan mendeksripsikan apakah hasil belajar peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Kahoot lebih baik dari pada yang belajar dengan model pembelajaran konvensional di kelas XI SMAN 12 Padang. Salah satu perencanaan yang dapat dilakukan dalam proses pembelajaran adalah dengan memilih suatu model pembelajaran yang dinilai efektif untuk digunakan. Model pembelajaran tipe STAD merupakan salah satu model pembelajaran yang paling sederhana dan paling baik digunakan pendidik yang baru menggunakan pendekatan kooperatif. Keberhasilan atau tidaknya suatu proses pembelajaran adalah dengan melihat hasil belajar yang dicapai oleh peserta didik. Hasil belajar diartikan sebagai hasil akhir pengambilan keputusan tentang tinggi rendahnya nilai siswa selama mengikuti proses belajar mengajar, pembelajaran dikatakan berhasil jika tingkat pengetahuan siswa bertambah dari hasil sebelumnya. Penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi experiment (eksperimen semu) dan penelitian deskriptif. Penelitian eksperimen semu digunakan untuk membandingkan hasil belajar peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan hasil belajar peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran konvensional pada kelas XI SMAN 12 Padang tahun pelajaran 2022/2023. Sedangkan, penelitian deskriptif digunakan untuk melihat peningkatan aktivitas belajar peserta didik kelas XI SMAN 12 Padang tahun pelajaran 2022/2023. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS SMAN 12 Padang yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling. Data aktivitas belajar diperoleh dari lembar observasi aktivitas hasil belajar selama proses pembelajaran, sedangkan data hasil belajar diperoleh dari nilai tes hasil belajar pembelajaran matematika. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data lembar observasi dan analisis data tes hasil belajar dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil lembar observasi diperoleh perkembangan aktivitas belajar peserta didik meningkat untuk aktivitas positif dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, dan berdasarkan analisis tes diperoleh bahwa hasil belajar peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dari pada hasil belajar peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran konvensional. Jadi dapat dikatakan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Kahoot berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI SMAN 12 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNasution, Minora LonggamUNSPECIFIED
CorrectorMusdi, EdwinUNSPECIFIED
CorrectorManda, Trysa GustyaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODEL STAD, AKTIVITAS, HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Aug 2023 03:37
Last Modified: 22 Aug 2023 03:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45962

Actions (login required)

View Item View Item