Efektivitas Ekstrak Daun Nangka (Artocarpus Heterophyllus Lamk.) terhadap Lama Penyimpanan Telur Itik (Anas Domesticus Linnaeus, 1758)

Mutmainah, Azizah (2023) Efektivitas Ekstrak Daun Nangka (Artocarpus Heterophyllus Lamk.) terhadap Lama Penyimpanan Telur Itik (Anas Domesticus Linnaeus, 1758). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_04_AZIZAH_MUTMAINAH_19032059_5338_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Telur itik (Anas domesticus Linnaeus, 1758) adalah salah satu jenis telur yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia selain telur ayam. Sebagai produk peternakan, telur memiliki kelemahan yaitu mudah rusak, rawan retak kulit telur dan mikroorganisme mudah mengontaminasi sehingga terjadi penurunan kualitas telur. Untuk menjaga kuliatas telur dilakukan pengawetan pada telur dengan memanfaatkan bahan alami, yaitu daun nangka (Artocarpus heterophyllus Lamk.). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas dan konsentrasi ekstrak daun nangka terhadap lama penyimpanan telur itik serta bau, rasa dan tekstur pada telur itik setelah perendaman dan penyimpanan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 3 faktor dan 3 ulangan. Data dianalisis menggunakan analisis sidik ragam dan dilanjutkan dengan uji DMRT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun nangka efektif menjaga kualitas telur dengan kualitas telur terbaik pada hari ke-15 dan mengalami penurunan pada hari ke-30 dan ke-45. Perendaman telur dengan ekstrak daun nangka konsentrasi A3B2 dan A2B2 efektif menghambat penurunan bobot telur. Konsentrasi A1B1 dan A2B2 efektif untuk menjaga nilai indeks putih telur dan haugh unit. Konsentrasi A1B1 efektif untuk menjaga indeks kuning telur. Konsentrasi A1B2 dan A1B1 efektif untuk menjaga nilai pH telur. Ekstrak daun nangka tidak berpengaruh terhadap karakteristik organoleptik rasa dan aroma telur itik pada hari ke- 15 dan ke-30, namun berpengaruh pada hari ke-45. Tekstur telur tidak dipengaruhi oleh perendaman ekstrak daun nangka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAtifah, YusniUNSPECIFIED
CorrectorDes, DesUNSPECIFIED
CorrectorSatria, RijalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: TELUR ITIK, KUALITAS TELUR, EKSTRA DAUN NANGKA
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Aug 2023 03:15
Last Modified: 22 Aug 2023 03:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45958

Actions (login required)

View Item View Item