Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Seni Tari Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Di Kelas VII SMP Pancasila

Fitria, Ummul Husna (2023) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Seni Tari Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Di Kelas VII SMP Pancasila. Other thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_UMMUL_HUSNA_FITRIA_18332054_3049_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran seni tari yang disebabkan kurangnya interaksi langsung antara guru dan siswa, dimana pembelajaran berlangsung dengan menggunakan video, sehingga diperlukan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar dengan menggunakan metode demonstrasi pada pembelajaran seni tari di kelas VII SMP Pancasila. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri 4 tahapan yaitu : perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Objek penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Pancasila yang berjumlah 44 orang. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes psikomotorik pada 3 aspek yaitu : aspek ruang, aspek waktu, dan aspek tenaga dengan instrumen berupa lembar observasi aktivitas belajar siswa. Analisis data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh adalah 64% dan meningkat pada siklus II sebesar 95%. Pada aktivitas belajar siswa siklus I rata-rata aktivitas belajar siswa yaitu 61% dan siklus II yaitu 82%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode demonstrasi pada pembelajaran seni tari di kelas VII SMP Pancasila dapat meningkatkan hasil belajar psikomotorik siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYuliasma, YuliasmaUNSPECIFIED
CorrectorAstuti, FujiUNSPECIFIED
CorrectorDesfiarni, DesfiarniUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 22 Aug 2023 03:15
Last Modified: 22 Aug 2023 03:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45955

Actions (login required)

View Item View Item