Pengaruh Struktur Modal, Efisiensi Operasi, dan Pendapatan Non Bunga pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Maharani, Cici (2023) Pengaruh Struktur Modal, Efisiensi Operasi, dan Pendapatan Non Bunga pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_Cici_Maharani_19059146_1213_2023.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh (1) Struktur Modal terhadap profitabilitas, (2) Efisiensi Operasi terhadap Profitabilitas, (3) Pendapatan Non-bunga terhadap Profitabilitas yang tercatat di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2017-2021. Penelitian ini menggunakan satu variabel kontrol: ukuran perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sedangkan sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan metode purposive sampling, yaitu sampel perusahaan perbankan selama lima tahun berturut-turut dari tahun 2017-2021, sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 35 perusahaan dengan data observasi 159 untuk setiap variabel. Metode analisis menggunakan analisis regresi berganda dengan menggunakan program IBM SPSS Statistics 23. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Struktur modal berpengaruh negatif signifikan terhadap profitabilitas perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, (2) Efisiensi Operasi berpengaruh negatif signifikan terhadap profitabilitas perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dan (3) Pendapatan Non-bunga berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYumna, AimatulUNSPECIFIED
CorrectorLasmini, Rizki SriUNSPECIFIED
CorrectorPatrisia, DinaUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 22 Aug 2023 02:30
Last Modified: 22 Aug 2023 02:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45953

Actions (login required)

View Item View Item