Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 25 Padang

Rahayu, Sri (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 25 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_SRI_RAHAYU_17029183_4560_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematis peserta didik SMPN 25 Padang kelas VII masih terlihat rendah, penyebabnya adalah diterapkan pembelajaran daring dan luring pada era new normal, kurangnya partisipasi peserta didik selama proses pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perkembangan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VII SMPN 25 Padang yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square; (2) mengetahui pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VII SMPN 25 Padang yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square lebih baik daripada yang belajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang digunakan quasi experiment dengan rancangan penelitian Posttest-Only Nonequivalent Control Group Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMPN 25 Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2021/2022. Sampel penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling sehingga diperoleh kelas VII.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.3 sebagai kelas kontrol. Data yang diperoleh pada penelitian adalah kuis dianalisis untuk mengetahui perkembangan pemahaman konsep matematis dan tes akhir dianalisis dengan menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas, dan Uji t. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VII SMPN 25 Padang yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square lebih baik daripada yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional dan perkembangan pemahaman konsep matematis peserta didik dilihat dari indikator juga mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyarifuddin, HendraUNSPECIFIED
CorrectorMirna, MirnaUNSPECIFIED
CorrectorSuherman, SuhermanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS, MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF, THINK PAIR SQUARE
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Aug 2023 02:27
Last Modified: 22 Aug 2023 02:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45942

Actions (login required)

View Item View Item