Pengembangan Modul Reaksi Kimia Berbasis Guided Discovery Learning Terintegrasi Etnosains untuk Fase E SMA

Yani, Siska Handa (2023) Pengembangan Modul Reaksi Kimia Berbasis Guided Discovery Learning Terintegrasi Etnosains untuk Fase E SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_07_SISKA_HANDA_YANI_19035113_4138_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul reaksi kimia berbasis guided discovery learning terintegrasi etnosains untuk fase E SMA dan menentukan kevalidan serta kepraktisan modul yang dikembangkan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah education design research dengan menggunakan model Plomp. Penelitian dilakukan sampai tahap Prototyping Phase pada uji small group. Uji coba validitas modul dilakukan oleh tiga orang dosen kimia FMIPA UNP dan dua orang guru kimia di SMAN 1 Pasaman. Tes kepraktisan dilakukan oleh dua orang guru kimia SMAN 1 Pasaman dan enam orang peserta didik fase E SMAN 1 Pasaman. Instrumen validitas dianalisis dengan formula Aiken’v. Hasil analisis validitas modul termasuk kategori valid dengan skor rata-rata 0,89. Hasil penilaian praktikalitas oleh guru dan peserta didik menunjukkan nilai rata-rata berturut-turut adalah 89% dan 85% dengan kategori kepraktisan sangat tinggi. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa modul reaksi kimia berbasis guided discovery learning terintegrasi etnosains untuk fase E SMA yang dihasilkan valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYerimadesi, YerimadesiUNSPECIFIED
CorrectorKurniawati, DesyUNSPECIFIED
CorrectorRiga, RigaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODUL REAKSI KIMIA, GUIDED DISCOVERY LEARNING
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 21 Aug 2023 06:36
Last Modified: 21 Aug 2023 06:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45940

Actions (login required)

View Item View Item