Efektivitas PenggunaanE-Modul TitrasiAsamBasa Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Video Demonstrasi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik KelasXIMIPASMAN 5 Padang.

Dewita, Rani (2023) Efektivitas PenggunaanE-Modul TitrasiAsamBasa Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Video Demonstrasi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik KelasXIMIPASMAN 5 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_07_RANI_DEWITA_18035075_3434_2023.pdf

Download (805kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pencapaian kompetensi belajar materi titrasi asam basa di SMAN 5 Padang yang masih terlihat rendah karena masih banyak peserta didik yang kesulitan dalam memahami materi dan dalam proses pembelajaran guru kurang mengaktifkan siswa dalam pembelajaran. Satu metode paling efektif untuk mendorong motivasi siswa dan membangkitkan minat belajarnya adalah menggunakan bahan ajar yang berbentuk E-Modul berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi video demonstrasi. Penelitian ini bertujuan untuk menggungkapkan Efektivitas Penggunaan E-Modul Titrasi Asaam Basa Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Video Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 5 Padang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasy Experiment Research) dengan rancangan Pretest-Posttestnon equivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik aktif kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Padang pada Tahun Ajaran 2022/2023. Sampel diambil dengan teknik Purposive Sampling, sehingga diperoleh sampel penelitian ini adalah kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Data penelitian meliputi hasil belajar peserta didik pada ranah kognitif. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda (multiple choice test) yang telah diuji cobakan. Analisis data di ujikan dengan mengunakan Uji N-Gain, Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji t. Berdasarkanhasil penelitian, hasil analisis data yang diperoleh nilairata-ratapeningkatanhasilbelajar peserta didik kelas eksperimen sebesar 46,3 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 31,2. Hasil N-gain padakelas eksperimen(0,71) yang termasuk dalamkategori tinggi dimana lebih tinggi dari kelas kontrol (0,55) dengan kategori sedang. Data penelitian kelas sampel terdistribusi normal dan homogen. Hasil uji pada taraf nyata 0,05 yaituThitung (6,9) > Ttabel (1,9944) menunjukkan hipotesis diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan e-modul titrasi asam basa berbasis inkuiri terbimbing efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI SMAN 5 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAndromeda, AndromedaUNSPECIFIED
CorrectorHardeli, HardeliUNSPECIFIED
CorrectorKurniawati, DesyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, INKUIRI TERBIMBING, E-MODUL,TITRASI ASAM BASA
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 21 Aug 2023 03:58
Last Modified: 21 Aug 2023 03:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45937

Actions (login required)

View Item View Item