Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Saintifik Disertai Latihan Berpikir Kritis pada Materi Jaringan Hewan Kelas XI SMA

Yuliani, Rahma (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Saintifik Disertai Latihan Berpikir Kritis pada Materi Jaringan Hewan Kelas XI SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_03_RAHMA_YULIANI_17031174_4844_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penggunaan bahan ajar dan metode pembelajaran yang tepat merupakan faktor penting untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memahami materi pembelajaransesuai dengan kebutuhan. Berdasarkan hasil pengisian kuisioner oleh guru mata pelajaran Biologi SMAN 1 Batang Kapas, guru sudah memberikan bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik, namun untuk beberapa materi saja. Untuk itu, peneliti memberikan solusi berupa pengembangan LKPD berbasis pendekatan saintifik disertai latihan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis pendekatan saintifik disertai latihan berpikir kritis pada materi jaringan hewan kelas XI SMA yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan (Research and Development).Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE.Subjek penelitian ini adalah dua orang dosen Departemen Biologi FMIPA UNP dan satu orang guru Biologi SMAN 1 Batang Kapas sebagai validator, sedangkan untuk uji praktikalitas dilakukan oleh satu orang guru biologi dan 34 orang peserta didik Kelas XI MIPA SMAN 1 Batang Kapas.Objek penelitian adalah LKPD berbasis pendekatan saintifik disertai latihan berpikir kritis pada materi jaringan hewan kelas XI SMA. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dihasilkannya LKPD berbasis pendekatan saintifik disertai latihan berpikir kritis pada materi jaringan hewan memiliki nilai validitas 85,07% dengan kriteria sangat valid, dan nilai praktikalitas oleh guru yaitu 95,8% sedangkan peserta didik yaitu 93,1% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan analisis data tersebut, dapat disimpukan bahwa telah dihasilkan LKPD berbasis pendekatan saintifik disertai latihan berpikir kritis pada materi jaringan hewan untuk kelas XI SMA yang sangat valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYogica, RelsasUNSPECIFIED
CorrectorHelendra, HelendraUNSPECIFIED
CorrectorArsih, FitriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK, PENDEKATAN SAINTIFIK, BERPIKIR KRITIS, MATERI JARINGAN HEWAN
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 21 Aug 2023 03:58
Last Modified: 21 Aug 2023 03:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45935

Actions (login required)

View Item View Item