Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Konstruktivis dalam Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas V di Sekolah Dasar

Septian, Irfan (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Konstruktivis dalam Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas V di Sekolah Dasar. Masters thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B.1_01_IRFAN_SEPTIAN_17124028_675_2023 (1 Feb) (2).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di kelas V SDN 16 Pariangan terhadap pemanfaatan LKPD sebagai sumber belajar. LKPD lebih banyak digunakan untuk mengevaluasi hasil belajar peserta didik yang diberikan diakhir pembelajaran atau sebagai bahan pekerjaan rumah. Guru belum mengembangkan LKPD yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik berdasarkan tingkat kemampuan peserta didiknya. Penelitian ini membahas pengembangan lembar kerja dan lembar kerja berdasarkan pendekatan konstruktivis yang valid, praktis dan efektif pada pembelajaran tematik di kelas V sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah desain penelitian oleh Thiagarajan, Semmel, Dam Semmel (1974). Penelitian ini dilakukan dalam empat fase, yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran lembar kerja dan pelajaran di sekolah dasar. Data dikumpulkan menggunakan analisis dokumen, observasi, wawancara, catatan lapangan, tes, dan kuesioner. Data yang dikumpulkan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, LKPD telah memenuhi kriteria valid dalam hal konten, pendekatan, format, bahasa dan penyajian dengan persentase 88,5% dengan kategori sangat valid . Hasil pengamatan, kuesioner, dan wawancara menunjukkan bahwa peserta didik praktis dalam hal kemudahan penggunaan, penggunaan waktu, dan keterbacaan oleh guru dan peserta didik dengan presentase 84,43% dengan kategori sangat praktis. Kemampuan berpikir kritis peserta didik yang dikembangkan dan ditingkatkan dengan persentase 51,87% dengan kriteria sedang menjadi 80,16% dengan kategori tinggi. Peserta didik dapat memahami, menemukan, menganalisis, berkolaborasi, mencoba dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari pada pembelajaran tematik.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyahril, SyahrilUNSPECIFIED
CorrectorMiaz, YalvemaUNSPECIFIED
CorrectorHakim, RamalisUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik, Konstruktivis, Berpikir Kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 18 Aug 2023 09:13
Last Modified: 18 Aug 2023 09:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45931

Actions (login required)

View Item View Item