Perbandingan Algoritma Naïve Bayes dan Support Vector Machine dalam Analisis Sentimen terhadap Pelayanan Goride pada Twitter

Maharani, Puti Utari (2023) Perbandingan Algoritma Naïve Bayes dan Support Vector Machine dalam Analisis Sentimen terhadap Pelayanan Goride pada Twitter. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_10_PUTI_UTARI_MAHARANI_18337058_4919_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Goride merupakan inovasi dari teknologi transportasi berbasis aplikasi. Kehadiran Goridemenimbulkan pro dan kontra di tengah masyarakat. Goridemenawarkan kemudahan dalam aktivitas sehari-hari, harga yang terjangkau, dan menjamin keamanan bagi pengguna. Namun, Goridejuga menimbulkan kemacetan di ibu kota karena memanfaatkan bahu jalan sebagai tempat istirahat serta menunggu pesanan dari pengguna aplikasi. Serta menimbulkan konflik horizontal di kalangan pengemudi transportasi karena kehadiran Goride mengurangi pendapatan transportasi konvensional. Masyarakat dapat menyampaikan opininya terhadap layanan Goride melalui tweetpada Twitter. Twitter sebagai media yang bebas untuk menyampaikan opini. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui sentimen masyarakat pada pelayanan Goride dan membandingkan tingkat keakuratan algoritma NaiveBayes dan SVM. Algoritma yang digunakan untuk pengklasifikasian tweetadalah NaiveBayes dan SupportVectorMachine (SVM). Data yang digunakan pada penelitian ini adalah sekumpulan tweetdengan kata kunci Gorideyang diperoleh dari pengguna Twitter di Indonesia. Pengumpulan data dimulai pada tanggal 10 September sampai dengan 10 Oktober 2022. Hasil dari penelitian ini adalah klasifikasi opini pengguna Twitter pada pelayanan Goride menjadi dua kelas sentimen yaitu sentimen positif sebanyak 725 tweetdan sentimen negatif sebanyak 490 tweet. Algoritma yang terbaik dalam mengklasifikasikan teks mengenai Goride adalah SVM. Tingkat keakuratan algoritma ini baik dengan nilai akurasi sebesar 81,48% dan nilai AUC 0.832.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAmalita, NonongUNSPECIFIED
CorrectorPutra, Amadi AtusUNSPECIFIED
CorrectorFitri, FadhilahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: ALGORITMA NAÏVE BAYES, SUPPORT VECTOR MACHINE, ANALISIS SENTIMEN, PELAYANAN GORIDE
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistik-S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 18 Aug 2023 06:30
Last Modified: 18 Aug 2023 06:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45923

Actions (login required)

View Item View Item