Implementasi Metode Simple Additive Weighting Sebagai Pendukung Keputusan dalam Pemilihan Supplier Obat Yang Tepat pada Apotek Ridho Farma

Zulkarnain, Natasha (2023) Implementasi Metode Simple Additive Weighting Sebagai Pendukung Keputusan dalam Pemilihan Supplier Obat Yang Tepat pada Apotek Ridho Farma. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_02_NATASHA_ZULKARNAIN_19030065_5010_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Supplier merupakan suatu bentuk relasi bisnis yang memegang peranan penting dalam mengamankan persediaan obat-obatan yang dibutuhkan pada apotek. Sehingga supplier menjadi rantai yang sangat penting bagi keberlanjutan hidup suatu apotek. Sebuah perusahaan farmasi harus memahami mutu layanan yang diberikan akan berhubungan secara langsung dengan mutu atau kualitas supplier serta layanan yang diberikan supplier bagi perusahaan. Mekanisme penetapan supplier bertujuan untuk memutuskan supplier yang menyimpan rekam jejak yang baik, efisien dalam menjawab logistik perusahaan serta konstan dalam meminimalkan resiko yang berhubungan dengan pengadaan bahan baku. Penelitian ini merupakan penelitian terapan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer tentang supplier yang menjalin kerjasama dengan apotek, kriteria pemilihan supplier, serta penilaian kinerja supplier yang telah bekerja sama dengan Apotek Ridho Farma. Sumber data diperoleh dari wawancara langsung dengan Asisten Apoteker Apotek Ridho Farma. Pada metode Simple Additive Weighting dilakukan normalisasi matriks berdasarkan persamaan yang disesuaikan dengan jenis kriteria (kriteria keuntungan ataupun kriteria biaya) sehingga diperoleh matriks ternormalisasi dan dilanjutkan dengan proses perangkingan yaitu proses penjumlahan dari perkalian matriks ternormalisasi dengan vektor bobot sehingga diperoleh nilai terbesar yang dipilih sebagai alternatif terbaik sebagai solusi. Hasil penelitian pemilihan supplier obat yang tepat pada Apotek Ridho Farma adalah prioritas alternatif supplier obat bagi Apotek Ridho Farma berdasarkan perhitungan menggunakan metode Simple Additive Weighting untuk jenis obat Paracetamol 500 mg tablet ialah perusahaan supplier obat PT. Penta Valent dengan nilai yang diperoleh sebesar 0,86. Dan untuk jenis obat Ambroxol 30 mg tablet ialah perusahaan supplier obat PT. Tri Sapta Jaya dengan nilai yang diperoleh sebesar 0,95.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHelma, HelmaUNSPECIFIED
CorrectorWinanda, Rara SandlyUNSPECIFIED
CorrectorAhmad, DelfiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 16 Aug 2023 08:51
Last Modified: 16 Aug 2023 08:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45895

Actions (login required)

View Item View Item