Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Materi Pola Bilangan untuk Peserta Didik Kelas VIII SMP

Utari, Mutia (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Materi Pola Bilangan untuk Peserta Didik Kelas VIII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_MUTIA_UTARI_17029166_4739_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Materi pola bilangan adalah salah satu materi yang dianggap sulit oleh peserta didik. Hal ini disebabkan karena materi pola bilangana bstrak sehingga perlu divisualisasikan dengan media pembelajaran.Sedangkan media pembelajaran yang tersediabelumcukupmemvisualisasikanmateripolabilangansertabelummemfasilitasipeserta didik untuk belajar secara mandiri. Oleh karena itu dikembangkan media pembelajaran interaktif pada materi pola bilangan yang diharapkan dapat optimal membantu peserta didik untuk memahami materi pola bilangan. Penelitian yang dilakukan termasuk pada kategori penelitian pengembangan (DesignResearch) dengan bantuan model Plomp. Pelaksanaan model Plomp pada penelitian ini hanya dilakukan pada tahap preliminary research dan prototyping phase. Pada tahap investigasi awal (preliminary research) dilakukan tahap analisis kebutuhan, analisis peserta didik, analisis kurikulum dan analisis konsep yang digunakan sebagai bahan pertimbangan membuatproduk. Selanjutnya dilakukan tahap anpembuatanproduk (prototyping phase) dimana hasil rancangan awal disebut prototype 1. Prototype 1kemudian dievaluasi sendiri oleh peneliti (self evaluation) sebelum diberikan kepada para ahli. Prototype 1 yang telah direvisi dilanjutkan kepenilaian paraahli (expert review) olehtiga orang validator untuk melihat kevalidan dari produk. Lalu produk diujicobakan pada tahapevaluasisatu-satu (one-to-one evaluation) dankelompokkecil (small group) untuk melihat kepraktisan produk. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan instrument wawancara, daftar ceklis, angket validitas, angket praktikalitas. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran interaktif pada materi pola bilangan yang sangat valid dengan nilai 83,88%, sangat praktis oleh pesertadidik dengan nilai 84,79%, dan praktis oleh pendidik dengan nilai %. Valid dapat dilihat dari aspek kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikan. Media pembelajaran interaktif dapat dikatakan praktis dengan memenuhi aspek yaitu aspek dayatarik, kemudahan penggunaan, danmanfaat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorTasman, FridgoUNSPECIFIED
CorrectorSyarifuddin, HendraUNSPECIFIED
CorrectorRifandi, RonalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF, POLA BILANGAN
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 16 Aug 2023 07:34
Last Modified: 16 Aug 2023 07:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45893

Actions (login required)

View Item View Item