Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Bawolato

Telaumbanua, Meidarniat (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Bawolato. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_MEIDARNIAT_TELAUMBANUA_17029194_4738_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep merupakan suatu ide abstrak yang memungkinkan seseorang dapat menggolongkan suatu objek atau kejadian. Konsep-konsep dalam matematika saling terkait antara satu dengan yang lainnya. Saling keterkaitannya antara konsep materi yang satu dengan yang lainnya merupakan salah satu bukti pemahaman konsep matematis sangat penting. Namun kenyataannya, pemahaman konsep matematis peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 1 Bawolato masih tergolong rendah. Untuk mengatasi masalah tersebut maka dalam proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPSq. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perkembangan pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPSq dan mendeskripsikan perbedaaan pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPSq dengan peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran langsung di kelas XI MIA SMA Negeri 1 Bawolato. Jenis penelitian ini quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan rancangan penelitian Nonequivalent posttest only control group design. Populasinya seluruh peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 1 Bawolato yang terdaftar pada tahun pelajaran 2022/ 2023. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu kuis setiap pertemuan dan tes pemahaman konsep matematis yang dinilai berdasarkan rubrik penskoran. Berdasarkan hasil kuis diperoleh bahwa perkembangan pemahaman konsep matematis peserta didik meningkat selama diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPSq. Dari analisis hasil tes pemahaman konsep matematis peserta didik diperoleh . Sehingga dapat disimpulkan, bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPSq lebih baik dibandingkan yang belajar dengan model pembelajaran langsung di kelas XI MIA SMA Negeri 1 Bawolato.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArmiati, ArmiatiUNSPECIFIED
CorrectorMukhni, MukhniUNSPECIFIED
CorrectorMirna, MirnaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE, KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 16 Aug 2023 02:16
Last Modified: 16 Aug 2023 02:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45884

Actions (login required)

View Item View Item