Hubungan Tingkat Kemampuan Literasi Digital dengan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA 2 Adabiah Padang

Jamil, Maulidin Ahmad (2023) Hubungan Tingkat Kemampuan Literasi Digital dengan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA 2 Adabiah Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_03_ MAULIDIN_AHMAD_JAMIL_18031144_4213_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran masa kini sangat terpengaruh oleh perkembangan teknologi yang mengharuskan peserta didik memanfaatkan teknologi dan internet dalam proses pembelajaran. Kemampuan dalam memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran disebut juga kemampuan literasi digital, yang dapat membantu peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran. Pemanfaatan literasi dalam pembelajaran biologi digital bertujuan untuk memperjelas konsep agar tidak terlalu bersifat hafalan, mengatasi hambatan ruang, waktu, serta daya indera, mengatasi keterbatasan variasi bentuk lingkungan dan organisme yang dapat diamati, mengatasi sikap pasif peserta didik menjadi lebih aktif, dan memberi pengalaman belajar bagi peserta didik. SMA Adabiah 2 Padang juga sudah menerapkan literasi digital dalam proses pembelajaran biologi. Namun belum diketahui keterkaitan tingkat kemampuan literasi digital dengan hasil belajar biologi peserta didik kelas XI MIPA di SMA Adabiah 2 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional yang dilakukan pada semester Juli-Desember 2022 di SMA Adabiah 2 Padang. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling dari kelas XI MIPA 1 - XI MIPA 5. Sampel berjumlah 177 orang peserta didik. Pada hasil penelitian dilakukan perhitungan distribusi skor tingkat kemampuan literasi digital, uji persyaratan analisis dan analisis korelasi menggunakan uji Spearmen rank. Selanjutnya dilakukan pengujian keberartian korelasi dengan menggunakan rumus t dengan bantuan program SPSS for windows 23.0. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, didapatkan hubungan yang sangat rendah antara tingkat kemampuan literasi digital dengan hasil belajar biologi peserta didik kelas XI MIPA SMA Adabiah 2 Padang. Nilai thitung = 1,7306 lebih kecil dari pada nilai ttabel = 1,9736 yang menunjukkan tidak terdapat hubungan yang berarti. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah tingkat kemampuan literasi digital peserta didik berada pada kriteria ”Baik” dan terdapat hubungan antara tingkat kemampuan literasi digital dengan hasil belajar biologi peserta didik kelas XI MIPA SMA Adabiah 2 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFuadiayah, Sa'diatulUNSPECIFIED
CorrectorHelendra, HelendraUNSPECIFIED
CorrectorRahmawati, RahmawatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PERKEMBANGAN TEKNOLOGI, LITERASI DIGITAL, HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 16 Aug 2023 02:07
Last Modified: 16 Aug 2023 02:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45883

Actions (login required)

View Item View Item