Pengaruh Model Pembelajaran Biologi Berbasis Probing Prompting terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di SMAN 1 Siberut Selatan.

Yurike, Maria Parencia (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Biologi Berbasis Probing Prompting terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di SMAN 1 Siberut Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img] Text
B_03_ MARIA_PARENCIA_YURIKE_18031013_4048_2023.pdf

Download (0B)

Abstract

Proses pembelajaran di SMAN 1 Siberut Selatan bahwa hasil belajar peserta didik masih rendah. Hal ini terlihat guru masih menggunakan metode ceramah dan diskusi. Hal ini menyebabkan hasil belajar peserta didik masih rendah dan belum mencapai KKM. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik yaitu penerapan model pembelajaran Probing Prompting. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran biologi berbasis Probing Prompting terhadap hasil belajar peserta didik di SMAN 1 Siberut Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan peneltian Randomized Control Group Posttest Only Design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA SMAN 1 Siberut Selatan. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Kelas XI MIA2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA3 sebagai kelas kontrolnya. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data primer dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar peserta didik. Data penelitian yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan program software SPSS Versi 26. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, nilai rata-rata posttest kelas eksperimen (71,23) lebih tinggi dari nilai rata-rata posttest kelas kontrol (63,20). Analisis data menggunakan Uji Mann-Whitney U adalah Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,014 < 0,05 maka H1 diterima. Oleh karena itu dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh signifikan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya model pembelajaran biologi berbasis Probing Prompting berpengaruh secara berarti terhadap hasil belajar peserta didik di SMAN 1 Siberut Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArdi, ArdiUNSPECIFIED
CorrectorFadilah, MuhyiatulUNSPECIFIED
CorrectorRahmatika, HelsaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN BIOLOGI, PROBING PROMPTING
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 15 Aug 2023 07:41
Last Modified: 15 Aug 2023 07:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45874

Actions (login required)

View Item View Item