Pengaruh Fasilitas Kamar terhadap Kepuasan Tamu Menginap di Gran Malindo Hotel Bukittinggi.

Akbar, Maulana (2023) Pengaruh Fasilitas Kamar terhadap Kepuasan Tamu Menginap di Gran Malindo Hotel Bukittinggi. Skripsi thesis, Fakultas Pariwisata dan Perhotelan.

[img]
Preview
Text
B1_4_MAULANA_AKBAR_18135155_854_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh fasilitas kamar terhadap kepuasan tamu menginap di Gran Malindo Hotel Bukittinggi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya tamu yang tidak puas terhadap fasilitas kamar Gran Malindo Hotel Bukittinggi sehingga dapat mempengaruhi kepuasan tamu menginap di Gran Malindo Hotel Bukittinggi yang menyebabkan loyalitas tamu menjadi rendah, serta tingkat hunian kamar yang fluktuatif serta tidak mencapai 50% tiap bulannya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode assosiatif kausal yang melibatkan dua variabel yaitu (1) variabel fasilitas kamar terdiri dari indikator: yaitu fasilitas utama, fasilitas pendukung, fasilitas penunjang (2) variabel kepuasan tamu menginap menginap terdiri dari indikator: tercapainya harapan pelanggan, terpenuhi kebutuhan pelanggan, tercapainya keinginan pelanggan, keinginan untuk memakai produk atau jasa tersebut kembali, keinginan untuk merekomendasikan barang dan jasa kepada orang lain. Sampel yang digunakan adalah tamu individu yang pernah menginap di Gran Malindo Hotel Bukittinggi. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 88 orang responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui komunikasi tidak langsung yaitu dengan penyebaran angket atau kuesioner yang tersusun. Kuesioner tersebut berupa pertanyaan tertutup yang diberikan kepada responden secara langsung dengan menggunakan skala likert yang terdiri dari 29 butir pernyataan yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis dengan uji regresi linear sederhana serta koefisien determinasi dengan bantuan program SPSS versi 25.00. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka didapatkan hasil: (1) fasilitas kamar berada pada kategori kurang baik (35%), (2) Kepuasan tamu menginap berada pada kategori kurang baik (38%), (3) Hasil uji hipotesis regresi linear sederhana diperoleh F hitung 76,276 dengan sig. 0,00<0,05 maka variabel fasilitas kamar dapat menjelaskan kepuasan tamu menginap secara signifikan, dengan R Square sebesar 0,470 yang mana terdapat pengaruh fasilitas kamar terhadap kepuasan tamu menginap sebesar 47% dan dipengaruhi faktor lain sebesar 53%. Selanjutnya koefisien regresi sebesar 4,463 pada taraf signifikan 0.00<0.05 artinya setiap peningkatan sebesar 1 satuan fasilitas kamar akan meningkatkan 0.446 satuan kepuasan tamu menginap.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorManvi, Kurnia IllahiUNSPECIFIED
CorrectorFerdian, FeriUNSPECIFIED
CorrectorAbrian, YoumilUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: FASILITAS KAMAR, KEPUASAN TAMU, HOTEL
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
H Social Sciences > HZ Management
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan - D4
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 15 Aug 2023 07:33
Last Modified: 15 Aug 2023 07:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45873

Actions (login required)

View Item View Item