Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 25 Padang

Sari, Indah Komala (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 25 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_INDAH KOMALA SARI 17029027_4199_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematis merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran matematika yang harus dimiliki oleh peserta didik. Namun, kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 25 Padang masih rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membandingkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together lebih baik daripada yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri 25 Padang. Jenis penelitian adalah eksperimen semu (quasy experiment) dengan rancangan penelitian adalah Non-equivalent Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 25 Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2021/2022. Sampel pada penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling dengan kelas VIII.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.5 sebagai kelas kontrol. Data yang diperoleh pada penelitian ini dianalisis dengan menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas, dan Uji t. Berdasarkan hasil analisis tes pemahaman konsep matematis dengan taraf nyata α = 0,05 diperoleh P – value = 0 karena P – value < α maka tolak H0. Hal ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together lebih baik daripada yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri 25 Padang. Kata kunci : Numbered Head Together, Pemahaman Konsep Matematis, Pembelajaran Kooperatif, Quasy Experiment

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDwina, FitraniUNSPECIFIED
CorrectorArmiati, ArmiatiUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER, KONSEP MATEMATIS
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 15 Aug 2023 02:44
Last Modified: 15 Aug 2023 02:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45857

Actions (login required)

View Item View Item